Menu
Warta Mandailing

5 Makanan yang Tak Bikin Gemuk Walau Dikonsumsi dalam Jumlah Banyak

  • Bagikan
Berikut ini lima makanan yang meski dikonsumsi dalam jumlah banyak, nggak bakal bikin gemuk.(foto:istimewa)

WARTAMANDAILING.COM — Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Maka tak heran, bila banyak orang akan menjaga asupan makanannya agar bobot tubuh tidak naik. Bahkan tak jarang, orang-orang menghindari jenis makanan yang bisa menaikkan berat badan. Terlebih makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Tapi, ternyata ada lho makanan yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tak akan membuat badan gemuk. Mau tau apa saja makanan yang nggak bakal buat berat badan bertambah? Simak informasi di bawah ini.

1. Blueberry

Ilustrasi

Buah dengan cita rasa asam segar ini, dijamin nggak bakal buat badan melar meski dimakan dalam jumlah banyak. Karena kandungan kalorinya yang rendah, tak heran bila blueberry digunakan sebagai makanan orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Dalam 100 gram blueberry, ada sekitar 57,4 kalori.

Selain rendah kalori, blueberry juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin B6 dan kandungan antioksidan yang tinggi dibanding buah lainnya. Tak hanya itu, blueberry juga mengandung serat tinggi. 14% persen serat dalam blueberry diketahui akan mengisi jumlah serat harian yang dibutuhkan tubuh.

2. Seledri

Siapa sangka jika sayuran yang kerap dijadikan sebagai pelengkap masakan ini, masuk dalam salah satu jenis makanan yang nggak bakal bikin gemuk meski dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sayuran dengan aroma harum ini mengandung 95% air. Selain itu, dalam seledri juga terkandung kalium, asam folat, serat dan 30% vitamin K, yang menjadi kebutuhan penting untuk tubuh. Tak hanya itu, seledri juga memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu 14 kalori dalam 100 gram.

3. Tomat

Buah berwarna merah ini mengandung zat likopen dan karotenoid yang bisa membantu melawan penyakit kronis. Selain itu, buah tomat kaya akan vitamin A, C, B2, folat, kromium dan serat.

Dalam 100 gram tomat, ada sekitar 18 kalori, sehingga meski dikonsumsi dalam jumlah banyak, tak akan membuat badan gemuk.

4. Kale

Kale adalah salah satu makanan sehat yang paling populer sepanjang tahun 2019. Terlebih bagi mereka yang tengah menjalankan program diet.

Meski memiliki cita rasa sedikit pahit, namun kale memiliki kandungan nutrisi yang banyak, seperti vitamin dan mineral. Selain itu, kale juga mengandung vitamin A, D, K, asam lemak omega-3, dan asam folat. Dalam 100 gram kale, ada sebanyak 49,5 kalori.

5. Timun

Makanan yang sering jadi lalapan ini mengandung 16 kalori dalam 100 gram. Ini karena sebagian besar timun terdiri dari air. Sedangkan kandungan nutrisi pada timur berasal dari biji dan kulitnya.

Kulit dan biji timun mengandung serta dan vitamin A  yang membentuk beta karoten. Tak hanya itu, timun juga mengandung potasium, fisetin, flavonoid, vitamin K, cuchttps://www.indozone.id/beauty/r8semB/7-manfaat-mengonsumsi-mentimun-bagi-kesehatanurbitacins dan vitamin A yang baik untuk mata.(bs/indozone)

  • Bagikan