(Foto: Ilustrasi)

WARTAMANDALIING.COM – Ada keajaiban setelah kamu mencincang bawang putih. Coba deh diamkan selama 10 menit. Kamu akan terpana melihat hasilnya.

Trik ini dipercaya bisa mengurangi risiko terkena penyakit mematikan. Salah satunya kanker paru-paru.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan secara online dalam jurnal Cancer Prevention Research, para peneliti di Pusat Pengendalian dan PencegahanPenyakit Provinsi Jiangsu, orang-orang yang makan bawang putih mentah dua kali atau lebih dalam seminggu secara signifikan 44% lebih kecil kemungkinannya terkena kanker paru-paru.

Menurut penelitian sebelumnya, allicin kimia yang ada dalam bawang putih adalah zat yang bertanggung jawab untuk pengobatan ini.

Komponen kunci ini dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh dan bertindak sebagai antioksidan yang mengurangi kerusakan dari apa yang disebut radikal bebas ke sel-sel tubuh.

Di sisi lain, beberapa ahli mengklaim bahwa bawang putih mengandung sejumlah besar senyawa yang dikenal sebagai diallyl sulfide, yang dianggap bertanggung jawab atas efek anti-kanker.

Para ahli merekomendasikan bahwa sekali kita mencincang bawang putih, kita harus membiarkannya terbuka di udara selama 10 menit sebelum menumis atau menambahkannya ke makanan kita.

Hal itu dilakukan untuk memungkinkan terjadinya reaksi kimia yang pada gilirannya meningkatkan kemampuan anti-kanker bawang putih. (*)

Sumber: GenPI.co