(Foto: Internet)

WARTAMANDAILING.COM – Nanas merupakan salah satu buah segar yang gampang ditemui di pasar tradisional maupun supermarket. Buah berwarna kuning cerah ini punya cita rasa manis sedikit asam.

Warna dan rasanya yang menggoda selera membuat banyak orang kepincut mengonsumsi buah ini, termasuk untuk membuat infused water.

Manfaat nanas

Melansir Live Science, ahli dari Linus Pauline Institute di Oregon State University, AS, menyebut nanas kaya akan vitamin C, antioksidan, dan mangan.

Ketiganya baik untuk melawan kerusakan sel, serta menjaga tulang, dan jaringan ikat agar tetap kuat.

Selain itu, bagian inti buah nanas juga kaya akan enzim bromelain. Enzim ini dapat memecah protein yang bermanfaat untuk membantu pencernaan.

Ahli dari University of Maryland Medical Center AS mengatakan, bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung.

Sehingga, nanas cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang punya keluhan batuk dan pilek.

Resep infused water nanas

Melansir buku Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat (2015) oleh Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz. dan Yunita Indah Prasetyaningsrum, S.Gz, memilih buah nanas untuk infused water tak bisa asal-asalan.

Pasalnya, nanas termasuk buah yang gampang lembek dan mudah hancur. Anda disarankan memilih buah nanas segar dengan tekstur renyah dan relatif padat.

Setelah itu, siapkan bahan dan alat untuk membuat infused water nanas sebagai berikut:

  • 100 gram nanas
  • 500 ml air mineral atau air matang
  • Wadah bertutup

Cara pembuatan infused water nanas cukup mudah. Anda tinggal:

  • Mengupas dan mencuci bersih buah nanas
  • Potong-potong nanas dalam ukuran sedang
  • Masukkan potongan nanas ke dalam wadah
  • Tuang air ke dalam wadah berisi nanas lalu tutup
  • Simpan infused water ke dalam kulkas selama empat sampai lima jam
  • Setelah lima jam, infused water nanas siap dinikmati.

Tips aman membuat infused water nanas

Melansir buku Get Healthy with Infused Water (2014) oleh Ade Aprilia, infused water sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 24 jam sejak buah direndam. Setelah habis dikonsumsi kurang dari 24 jam, infused water bisa ditambahkan air kembali maksimal tiga kali.

Namun, untuk keamanan pangan, buang buah begitu kondisinya sudah tidak segar lagi. Sebab, saat tekstur buah yang direndam sudah hancur, kandungan gizi dalam buah juga ikut hilang atau rusak.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat maksimal infused water, umur konsumsinya pun terbatas.

Agar lebih sehat, Anda yang ingin membuat infused water nanas sebaiknya juga tidak menambahkan gula. Penderita penyakit atau gangguan lambung juga perlu berhati-hati mengonsumsi nanas.

Pasalnya, buah ini gampang teroksidasi dan mengandung asam yang tinggi. Sehingga, nanas kurang baik untuk penderita gangguan lambung.(wm/kompas.com)