areaoftalmologica.com

WARTAMANDAILING.COM – Pembengkakan pada kelopak mata tidak hanya mengganggu penampilan. Masalah ini terkadang menimbulkan rasa sakit dan kesulitan dalam melihat dengan jelas. Apalagi jika pembengkakannya cukup parah.

Pada umumnya penyebab mata bengkak tidak berbahaya. Namun dilansir dari Medical News Today, hal ini bisa menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani dengan baik dan sesuai.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. Berikut IDN Times rangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa penyebab mata bengkak dari yang jinak sampai paling berbahaya.

Perlu kamu ketahui nih, simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Bintitan

Bintitan dalam dunia medis lebih dikenal sebagai stye atau hordeolum. Pada umumnya hal ini terjadi karena infeksi kelenjar di bagian kelopak mata. Ciri-ciri bengkak karena bintitan di antaranya timbul rasa gatal, kemerahan, sakit, dan benjolan kecil. 

Dilansir dari Medical News Today, pada awalnya bengkak terlihat seperti jerawat. Bahkan terkadang ada titik kecil di bagian tengahnya. Dalam beberapa hari, ia akan semakin membesar dan menjadi lebih merah. 

2. Alergi

Alergi terjadi ketika sistem imun bereaksi berlebihan kepada partikel asing yang disebut sebagai alergen. Penyebabnya bisa berasal dari serbuk sari, bulu binatang, makanan, debu, makeup, atau bahkan obat tetes mata.

Tanda pembengkakan yang terjadi karena alergi adalah mata menjadi berair dan merah, kemudian kelopak pun terasa gatal dan menebal. Biasanya reaksi ini mudah hilang dalam beberapa jam.

3. Konjungtivitis

Dilansir dari American Optometric Association, konjungtivitis dapat terjadi karena adanya inflamasi pada konjungtiva, jaringan yang ada di dalam kelopak mata. Penyakit ini sering disebut sebagai “pink eye” karena membuat mata terlihat kemerah-merahan.

Orang yang menderita penyakit ini akan merasakan sakit, gatal, dan bengkak pada kelopak mata. Pada umumnya konjungtivitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.