Ist

WARTAMANDAILING.COMMerdeka dalam artian bebas dari segala kesulitan dalam kehidupan.
Merdeka dalam artian mampu membuat diri sendiri bersaing dengan yang lain.
Merdeka dalam artian, bisa menjalani hidup tanpa bantuan orang lain.
Merdeka dalam artian, tidak dijajah dalam hal apapun.

Apakah ini yang dinamakan merdeka?

Menurut saya kita belum merdeka, belum merdeka sepenuhnya…
Kenapa? Karena masih banyak diantara kita yang masih mengalami busung lapar, kemiskinan dimana-mana, pengangguran banyak, dan ekonomi menurun.

Apa yang harus kita lakukan agar kemerdekaan itu sempurna?

Simple saja..!

  • Ayomi
  • Berikan
  • Perhatikan
  • Targetkan
  • Hasilkan

Ayomi dalam artian mampu mengerti apa yang dialami rakyat yang dimana rakyat tersebut sangat-sangat lah banyak kekurangannya.

Berikan dalam artian memberikan apa yang kurang pada rakyat karena rakyat butuh perhatian yang dimana perhatian itu ada di poin ketiga.

Perhatikan dalam artian perhatikan apa yang terjadi pada rakyat yang sedang dalam kesusahan karena tiadanya lapangan kerja dan ekonomi yang sangat lemah.

Targetkan dalam artian buat suatu target atau planning untuk dapat mengelola hal yang dianggap dapat menambah pundi pundi keuangan hingga ekonomi dapat melejit tinggi untuk menghentikan kemiskinan.

Hasilkan dalam artian barang yang dikelola tersebut dihasilkan dan dipasarkan untuk dapat membuat negara maju dan bisa memerdekakan diri sendiri serta dapat bersaing dengan negara lain dan masyarakat tidak menjadi susah serta dapat memenuhi kebutuhan masing masing-masing.

Itulah yang dinamakan merdeka, bukan seperti yang ada sekarang.

Untuk itu, bagaimana cara mewujudkannya ? Tergantung pribadi masing-masing yang dimana bisa atau tidak bisa menahan nafsu dalam menjalani kepemimpinan.

Jikalau itu bisa dilakukan, percayalah kemerdekaan itu akan diraih. Karena kemerdekaan suatu negara diraih oleh pemikiran ajaib si pemimpin dan rakyat yang patuh pada pemimpin yang sehat.

Penulis: Rustami Fadil Lubis https://rustamiotivato.blogspot.com