Walikota Padang Sidempuan: “Pemko Akan Berikan Dukungan Peningkatan Perekonomian Petani”

Foto: Dokumentasi Prokopim

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Guna menjaga ketahanan pangan dan kesinambungan budidaya bawang merah di kota Padang Sidempuan, Walikota Irsan Efendi hadiri panen bawang merah di Desa Huta Padang, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru pada Kamis (28/7/2022).

Walikota Padang Sidempuan menyampaikan hasil panen bawang kali ini cukup memuaskan. Menurutnya, apabila sungguh-sungguh dalam mengembangkan tanaman bawang, dapat menjadi komoditi baru yang bakal memenuhi kebutuhan pasar.

Sebab, kata Walikota Irsan, peluangnya cukup terbuka, dan kualitasnya tidak berbeda dengan bawang pada umumnya, ukurannya pun cukup besar.

“Kita dari Pemerintah Kota Padang Sidempuan akan memberikan dukungan yang lebih baik kepada para petani sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian mereka,” katanya.

“Saya harap untuk Camat Se kota Padang Sidempuan terus berinovasi dalam menjaga ketahanan pangan di Kota Padang Sidempuan,” tambahnya lagi.

Ia juga mengapresiasi budidaya Bawang Merah di Desa Huta Padang dengan memanfaatkan dana desa. Hal itu, kata dia lagi, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104 Tahun 2021 khususnya kebijakan Dana Desa.

“Dimana oenggunaan 20 persen Dana Desa untuk ketahanan pangan. Pemerintah Kota Padang Sidempuan sangat siap menjadi sentra Komoditas Bawang Merah,” pungkas Walikota.

Read More

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Huta Padang, Ikhwanuddin menyampaikan, budidaya bawang merah dengan bibit 300 Kilogram bersumber dari dana desa. Ia menuturkan, Desa Huta Padang sangat potensial untuk menjadi contoh bagi desa lain melakukan budidaya bawang merah.

“Kami sampaikan kepada pak Wali, semangat kami petani Desa Huta Padang mendukung Pemko Padang Sidempuan menjadi sentra bawang merah. Desa kami sangat potensial untuk menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk melakukan budidaya Bawang merah ini,” tandas Ikhawanuddin.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kadis Kominfo, Camat Se-Kota Padang Sidempuan dan kepala desa. (r)