Pemko Padang Sidempuan Fokus Pemenuhan Ketersediaan Stok dan Keterjangkauan Harga

Foto: Dokumentasi Prokopim

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution SH menyampaikan saat ini pihaknya terus menggalakkan ketahanan pangan untuk mengantisipasi inflasi akibat stagflasi dampak dari geopololitik internasional.

Salah satu yang digiatkan oleh Pemerintah Kota Padang Sidempuan adalah soal ketahanan pangan produk hortikultura berupa, padi, bawang merah dan cabai merah, serta budidaya ikan air tawar di kolam – kolam maupun lubuk larangan yang di kelola masyarakat ataupun Kelompok Tani (Poktan).

Menurutnya, dalam upaya menekan gejolak inflasi, Pemko Padang Sidempuan berfokus dalam pemenuhan ketersediaan stok dan keterjangkauan harga.

“Itu yang akan berdampak pada rendahnya inflasi, karena supply dan demand-nya terjaga,” ungkap Irsan saat melakukan peninjauan lahan pertanaman bawang merah di desa Batang Bahal, Baruas, Aek Najaji dan Gunung Hasahatan, Jumat (19/8/2022).

“Kita di Padang Sidempuan itu untuk produksi padi surplus dan cabai itu sudah bisa produksi sekitar 32 %,” tambah Irsan .

Irsan juga menyampaikan, dengan di dorongnya Poktan – poktan yang ada di seluruh kota Padang Sidempuan dapat menjaga kesinambungan pertanaman komoditas tersebut dan dengan harapan terjaganya kesinambungan pertanaman dapat menjamin tidak bergejolaknya harga di pasar.

Ia memginginkan harga jual petani dan daya beli masyarakat itu terjadi keseimbangan sehingga inflasi di kota Padang Sidempuan dapat dikendalikan.

Read More

Ditemui di lokasi yang berbeda, Ketua Poktan Suka maju desa Batang Bahal, Abdul Rahman Harahap mengatakan bahwa poktan suka maju sendiri telah menyiapkan lahan seluas setengah hektar untuk mendukung Pemerintah dalam menjaga ketersediaan bawang merah di Kota Padang Sidempuan.

Sementara itu Kepala Desa Batang Bahal, Saripuddin Siregar mersa optimis dengan langkah – langkah yang telah dilaksanakan oleh Pemko Padang Sidempuan dalam menjaga agar tidak terjadi inflasi di Kota Padang Sidempuan.

“Saya mewakili masyarakat Desa batang Bahal akan sepenuiuhnya mendukung program – program yang dilaksanakan oleh bapak Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution,” tutup Saripuddin. (r)