Walikota dan Wakil Walikota Padang Sidempuan Hadiri Acara Penabalan Marga kepada Walikota Batam dan Wakil Gubernur Kepri

Foto: Dokumentasi Prokopim

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution SH bersama Wakil Walikota Ir. H. Arwin Siregar MM menghadiri penabalan marga kepada Walikota Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina di Kelurahan Sabungan Jae, Sabtu (20/8/2022).

Setelah sidang adat di Bagas Godang Kelurahan Sabungan Jae tersebut, marga Harahap diberikan kepada Walikota Batam Muhammad Rudi, sedangkan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina resmi menyandang marga Boru Nasution.

Setelah penabalan marga tersebut, Marlin dan Rudi kemudian manortor. Hal ini menandakan berakhirnya prosesi penabalan marga untuk Marlin dan Rudi.

Dengan demikian kini Rudi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut, resmi bernama Muhammad Rudi Harahap. Sedangkan nama Ketua PIKORI BP Batam kini bernama Marlin Agustina Nasution.

Untuk gelar adat, Walikota Batam Muhammad Rudi adalah Tuongku Sinomba Tigor Parlaungan. Sedangkan untuk Wakil Gubernur Kepulauan Riau Agustina Marlin adalah Namora Parlaungan Nasution.

Acara penabalan berlangsung khidmat. Dalam penabalan itu, Rudi tampak mengenakan ulos. Demikian juga Marlin mengenakan ulos dan manortor.

Penabalan gelar ini dilaksanakan seiring gelaran pesta adat pernikahan putrinya, Rani Rafitriyani dengan Kapten Inf Harry Rezeki Utama Siregar.
Pada Sabtu lalu, memang digelar Ngunduh Mantu di kediaman mempelai laki-laki, di Kelurahan Sabungan Kecamatan Padang sidempuan Hutaimbaru, tempat orang tua Harry, Zulbakti Siregar dan Rismawati Lubis.

Read More

“Alhamdulillah salah satu rangkaian adat di acara ngunduh mantu ananda Rani dan Harry telah selesai. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu kelancaran prosesi ini,” ucap Marlin.

Sementara itu Walikota Irsan usai sidang adat mengucapkan selamat datang di Kota Padang Sidempuan, di Bumi Dalihan Natolu kepada Walikota Batam dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri).

“Dengan ditabalkannya marga Bapak dan Ibu sekarang telah resmi menjadi bagian keluarga kita di Kota Padang Sidempuan,” ungkap Irsan. (r)