Pemerintah Kota Padang Sidempuan Dorong Petani Tingkatkan Hasil Pertanian

Foto: Dokumentasi Prokopim

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan -Pemerintah Kota Padang Sidempuan mendorong petani di kota Padang Sidempuan untuk terus meningkatkan hasil pertanian, mengingat potensi pasar yang masih cukup besar.

Ketua Kelompok Tani Akar Harapan, Muslim pada sambutannya mengucapkan terima kasih atas keringanan langkah Walikota yang telah berkenan hadir dalam tanam perdana cabai merah demplot ini.

“Kami dari kelompok tani berharap kepada bapak Walikota juga dapat hadir nantinya pada saat melaksanakan panen,” tutupnya.

Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi di Padang Sidempuan yang paling sering dipicu oleh lonjakan harga cabai.

Hal ini disampaikan Walikota Padang Sidempuan, Irsan EfendiNasution pada saat pelaksanaan penanaman cabai merah demplot di Desa Baruas bersama kelompok tani wanita Akar Harapan Muslim dan Subur Hijau, Kamis (25/8/2022).

Irsan mengatakan bahwa inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks harga kelompok pengeluaran dan cabai merah merupakan salah satu komoditas utama penyumbang inflasi.

“Menurut data BPS Sumatera Utara untuk Kota Padang Sidempuan menyumbang inflasi per Juli 2022 sebesar 0,59 %”,” jelas Irsan.

Read More

Walikota berharap kedepannya Kota Padang Sidempuan bisa deflasi dan terus menekan inflasi. Salah satunya dengan program menanam cabai secara masif.

Ia juga menegaskan, selain menyasar seluruh desa, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Ketahanan Pangan Kota Padang Sidempuan wajib menanam cabai ataupun Tamanan lainnya halaman kantor dan juga rumah masing-masing. (r)