Walikota Padang Sidempuan Hadiri Pertemuan CSS XX di Tangerang

Walikota Padang Sidempuan Hadiri Pertemuan CSS XX di Tangerang (foto: Dokumentasi Prokopim)

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution didampingi Kepala Bapelitbang M. Yusar Nasution menghadiri pertemuan City Sanitation Summit (CSS) XX Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, Rabu (7/9/ 2022).

Pelaksanaan CSS XX resmi dibuka oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar bersama Ketua Umum AKKOPSI yang juga Walikota Jambi, Dr Syarif Pasya, dan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kemenko PMK, Drg Agus Suprapto, M.Kes.

Acara CSS merupakan ajang pertemuan kepala daerah untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi.Pertemuan ini diharapkan menjadi wadah untuk membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia hingga 2045 mendatang.

Kabupaten Tangerang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan CSS ke-20 tahun 2022 berdasarkan merupakan hasil keputusan Munas AKKOPSI ke-19 di Banjarmasin pada tahun 2019.

Di samping itu, Kabupaten Tangerang selain dipandang mampu, juga kompeten karena memiliki program sanitasi yang berhasil dan dapat direplika daerah lain, seperti sanitasi sekolah, sanitasi pondok pesantren, IPAL Komunal, Gebrak Pak Kumis dan beberapa program lainnya yang tetap mengedepankan sanitasi yang baik, layak, bersih dan sehat.

Ketua Panitia CSS XX sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, dalam rangka CSS XX ini, pihaknya akan membeberkan sejumlah keberhasilan dalam pembangunan sanitasi di Kabupaten Tangerang.

“Perkenankan kami melaporkan bahwa CSS Kabupaten Tangerang ini bertema ‘sanitasi aman investasi masa depan’,” ungkap dia di lokasi.

Read More

Agenda yang akan dilakukan antara lain sharing session, seminar dan kunjungan lapangan atas program sanitasi yang dilakukan Kabupaten Tangerang. Antara lain kunjungan ke Ketapang Urban Aquaculture, SMPN 2 Curug, Pesantren Dasar el Huda dan RSUD Balaraja.

“Empat lokasi ini adalah bagian program besar sanitasi kabupaten tangerang,” ungkapnya lagi.

Usai pembukaan kegiatan CSS tersebut, Walikota Irsan mengatakan bahwa Pemko Padang Sidempuan sudah mensosialisasikan kepada masyarakat melalui Dinas Kesehatan akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan dilaksanakan pembangunannya oleh Dinas Perumahan & Pemukiman Padang Sidempuan.

Menurutnya PHBS merupakan salah satu upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk memberdayakan anggota keluarga agar paham, mau, dan mampu untuk melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Bapelitbang, Yusar menambahkan bahwa hampir setiap tahun Pemko Padang Sidempuan merencanakan pembangunan sanitasi yang layak untuk masyarakat.

“Contohnya di tahun 2021, Pemko Padang Sidempuan telah membangun sanitasi di Kelurahan Ujung Padang, kelurahan Kantin, kelurahan Sidangkal, kelurahan Hanopan Sibatu, Kelurahan Sitamiang Baru, kelurahan Sitamiang, kelurahan Batang Ayumi Julu, kelurahan Bincar, kelurahan Wek V dan kelurahan Aek Tampang,” pungkasnya. (r)