Walikota Tanam Bawang Bersama Sekolah lapang Kelompok Tani Makmur Jaya Kelurahan Silandit

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Komoditi bawang merah yang semakin banyak dibudidayakan oleh petani di Padang Sidempuan mulai menunjukkan hasil. Tercatat pada tahun ini sudah memenuhi hampir 50 persen dari kebutuhan Kota Padang Sidempuan itu sendiri.

Hal itu tidak lepas dari komitmen dan dukungan dari Pemerintah Kota melalui Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan, diantaranya mendorong pengembangan dan penangkaran benih bawang merah di beberapa desa di Kota Padang Sidempuan dan juga diselenggarakannya sekolah lapang khusus bawang merah bagi petani oleh penyuluh pertanian Kota Padang Sidempuan.

Seperti pada hari ini, Kamis (17/11/22) Sekolah lapang dilaksanakan di lahan Kelompok Tani Makmur Jaya di Kelurahan Silandit Kecamatan Padang Sidempuan Selatan.

“Adapun materi yang disampaikan dalam sekolah lapang ini, mulai persiapan lahan dan bedengan, penanaman dan pemupukan, Pembuatan POC, Pembuatan Pestisida Nabati, pengendalian hama dan penyakit, panen dan pasca panen” ucap Kepala Bidang Penyuluh Pertanian AA. Jambak.

Pada kesempatan itu, Walikota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH, MM yang hadir dan turun langsung bersama masyarakat melakukan penanaman bawang merah, menyampaikan kegiatan sekolah lapang merupakan kegiatan interaktif menggunakan metode belajar sambil praktek.

Beliau berpesan kepada para petani agar mengikuti dan memahami secara baik materi yang disampaikan dan dapat diterapkan pada lahan budidaya masing-masing, sehingga berdampak pada peningkatan produksi bawang merah di Kota Padang Sidempuan.

Kemudian, untuk menjaga ketahanan pangan di Padang Sidempuan menjadi semangat Pemerintah mendorong pengembangan Tanaman Holtikultura khususnya Bawang merah ini, menjaga kestabilan harga dipasar dan nilai tukar petani semakin meningkat. (r)

Read More