Longsor Lagi di Desa Sibangkua, Ketua IPK Angkola Barat Ajak Warga Waspadai Cuaca Buruk

Longsor Lagi di Desa Sibangkua, Ketua IPK Angkola Barat Ajak Warga Waspadai Cuaca Buruk (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Bencana longsor kembali terjadi lagi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sidempuan-Sibolga tepatnya di kilometer 15, Desa Sibangkua, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) pada Jumat (18/11/2022).

Material longsor yang menutupi seluruh badan jalan membuat arus lalu lintas tidak dapat dilalui dan memicu kemacetan total. Sebelumnya, pada Rabu (16/11/2022) peristiwa tanah longsor juga berada pada lokasi yang sama.

“Tidak ada korban jiwa, namun mengakibatkan arus lalu lintas macet total,” terang salah satu warga setempat, Bonarto Siregar.

Bonarto, yang juga merupakan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kecamatan Angkola Barat mengatakan, longsor disebabkan curah hujan dalam beberapa hari ini melanda wilayah kabupaten Tapsel sekitarnya.

“Penyebabnya karena hujan deras disertai angin kencang,” ungkap pria yang biasa disapa Bonar Bray itu saat berada di lokasi tanah longsor.

Ia menghimbau, kepada seluruh masyarakat khsususnya warga yang berada d kecamatan Angkola Barat agar selalu waspada terhadap bencana longsor berikutnya, mengingat kondisi cuaca buruk saat ini.

“Dikhawatirkan nanti terjadi lagi longsor susulan ataupun terjadi pohon tumbang. Oleh sebab itu, diharapkan kepada masyarakat agar tidak banyak beraktivitas dulu di luar rumah,” seru Bonar Bray.

Read More

Pantauan di lokasi, saat peristiwa longsor terjadi, tampak bangunan kecil yang disebut salah satu warung penjual salak tertimpa timbunan longsor. Petugas dari TNI/Polri dan Kepala Bidang BNPB Kabupaten Tapsel, Camat Angkola Barat beserta warga terlihat memandu para pejalan kaki untuk melewati tumpukan material longsor. (Nas)

Related posts