Gempa di Cianjur, Ratusan Korban Jiwa dan Ribuan Rumah Rusak

WARTAMANDAILING.COM, Jawa Barat – Gempa bumi berkekuatan 5,6 mangnitudo mengguncang wilayah Cianjur, pada Senin (21/11/2022) siang. Berdasarkan laporan BMKG, gempa terjadi di 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

Berbagai kiriman video saat kejadian beredar di media sosial, korban meninggal dunia akibat gempa tersebut 162 orang. Mayoritas yang meninggal dunia adalah anak-anak, sebab saat kejadian, anak-anak sedang belajar di sekolah. Peristiwa itu mengundang simpati dan duka cita.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai meninjau korban gempa mengatakan, tercatat di call center BPBD Cianjur, 162 orang meninggal dunia dan korban luka-luka tercatat hingga pukul 20.00 WIB sebanyak 325 orang lalu pengungsi mencapai 13.784 orang.

“Mayoritas korban luka patah tulang dan luka memar akibat tertimpa material bangunan,” kata Ridwan.

Selain itu, lanjut Ridwan, kerusakan bangunan rumah sebanyak 2.345 unit. Kemudian kerusakan pada bangunan gedung pendidikan yakni pondok pesantren Al Muhammadiyah, SMK Medika, MAN 2 Cianjur, SMP 1 Cianjur, SMANDA, SD Ibu Pertiwi.

Kata dia, gempa juga menghancurkan tiga masjid dan delapan perkantoran seperti kantor PUPR, BPBD, Lapas Cianjur, Kantor Kejaksaan, Polres Cianjur, Dinsos dan KONI.

Dikabarkan juga, beberapa saat setelah wilayah itu diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengakibatkan longsor. Sehingga jalan nasional yang menghubungkan Cianjur dengan Bogor tertimbun longsor dan lalu lintas terputus.

Read More

“Ada tiga titik longsoran di Cugenang. Ada lima mobil yang terperangkap. Tapi laporan belum masuk apakah sudah terevakuasi atau belum,” jelas Ridwan.

Bencana alam ini menjadi sorotan internasional. Media-media dunia juga turut mengabarkan gempa yang terjadi. BBC turut mencatat 162 korban telah meninggal dunia. Media Jepang seperti Kyodo dan Japan Times juga turut menyorot bencana gempa yang terjadi di Cianjur.

Arab News melaporkan bahwa Raja Salman dan Pangeran Mohammad bin Salman ikut berduka atas gempa yang terjadi.

Mari kita sejenak berdoa bagi saudara-saudara kita di Cianjur dan sekitarnya “Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Ya Robbal Alamin”.

Sumber berita: berbagai media terpercaya

Related posts