Mengidap Penyakit, Nenek Miskin Asal Desa Aek Mata Dibawa Ke RSUD Panyabungan

Nenek Salemah Nasution, 53, kini sudah dirawat di RSUD Panyabungan, setelah hampir sebulan sakit tanpa pengobatan karena ketiadaan biaya. fhoto : istimewa.
Nenek Salemah Nasution, 53, kini sudah dirawat di RSUD Panyabungan, setelah hampir sebulan sakit tanpa pengobatan karena ketiadaan biaya. fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Nenek miskin mengidap penyakit asal Desa Aek Mata dilarikan ke RSUD Panyabungan, Rabu 23/11/2022 siang.

Terlihat, Nenek Salemah Nasution, warga Desa Aek Mata, Banjar Jaelan Jantan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, terlihat lemah. Dan kini dia sudah perawatan di rumah sakit.

dirawat di ruangan sal di kamar tersendiri.

Ketika ditanyakan keluhan si Nenek dan apa penyakitnya, dia menunjukkan punggung dan rusuknya sebelah kanan hingga ke bagian dada. Dia tidak tahu penyakut apa.

“Saya tidak tau ini penyakit apa dan Nafas juga sesak,” katanya dengan Bahasa Mandailing. Suaranya hampir tak terdengar.

Si Nenek mengungkap syukur dia bisa diobati, dibawa ke rumah sakit, setelah hampir satu bulan menanggungkan tanpa pengobatan. Dia juga menyampaikan terimakasih kepada semuanya.

Tapi, di balik rasa syukur sudah dalam kondisi pengobatan, si nenek tetap khawatir bagaimana caranya membayar biaya pengobatan di RSUD Panyabungan.

Read More

“Alhamdulillah, saya sudah diobati. Tapi, kami nggak tahu biaya pengobatannya dari mana. Kami nggak punya uang apa-apa,” “ujar si Nenek seraya mengusap air mata.

Adek si Nenek, Suti Khairani Nasution, mengungkapkan, si Nenek dibawa dari kampung dan sampai di rumah sakit, siang tadi.

“Sampai di rumah sakit sekitar zuhur. Dan kakak sudah diperiksa dokter,” ujar Suti Khairani Nasution.

Kepala Desa Aek Mata Andi Syahweri Lubis yang turut bersama keluarga dan tetangga membawa ibu Salemah Nasution ke RSUD Panyabungan.

“Kita bawa si Nenek ke rumah sakit, dan semalam ada pengobatan di desa,” ujar Kades.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Madina dr Faizar Situmorang mengetahui dari pemberitaan media online menjelang malam kemarin.

Kadis Kesehatan langsung bereaksi memerintahkan pihak Puskesmas segera melakukan pemeriksaan pasien di Aek Mata, lokasi yang tergolong berat; lebih-lebih musim penghujan.

“Alhamdulillah, nenek penderita sakit di rumahnya di Aek Mata sudah dikunjungi staf Puskesmas,” ujarnya. “BPJS juga sudah dibantu prosesnya,” tambah Kadis Kesehatan Madina dr Faizal Situmorang.

(Syahren)