Seekor Kambing Hutan Langka Tertangkap Camera Handpon Warga

Seekor kambing hutan jantan, tertangkap camera handpon warga diareal pengunungan tor singantang, fhoto : istimewa.
Seekor kambing hutan jantan tertangkap camera handpon warga diareal pengunungan tor singantang, fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Baru baru ini seekor hewan langka asal Sumatera sengaja tertangkap kamera handphone warga, kambing hutan ini ditemukan berkeliaran di areal pegunungan Tor Singantang Huta Bargot, Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (23/11/2022).

Hewan ini tampak memiliki tubuh yang kekar berbulu lebat hitam keabuan, perawakannya seperti kambing pada umumnya, ia memiliki moncong yang mirip dengan kerbau, lengkap dengan tanduk lurus ramping melengkung ke belakang.

“Kambing hutan itu dengan perlahan berjalan menyusuri bukit, datangnya dari atas mengarah ke bawah, kambing hutan ini kami temukan berkeliaran di areal Tor Sigantang,” ujar Lubis kepada Warta Mandailing Kamis, 24/11/2022.

Dijelaskan lubis, kambing hutan itu menurutnya berjenis kelamin jantan, dan dirinya berhasil merekam keberadaan kambing gunung tersebut dengan handpone miliknya.

“Kambing hutan berjenis kelamin jantan itu berjalan sendirian turun ke arahku, itu kambing dari tempatku merekam video dengan handphone hanya berjarak sekitar 8-10 meter,” ucapnya.

Bobby Nopandry, Kasubag Balai taman Nasional Batang Gadis (TNBG) yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya menyampaikan, kambing hutan tersebut penyebarannya hanya ada di pulau Sumatera termasuk di kabupaten Mandailing Natal (Madina).

“Kambing hutan ini termasuk hewan yang dilindungi, status konservasinya saat ini diyakininya rentan, karena populasinya mengalami penurunan yang signifikan akibat perburuan maupun hilangnya habitat,” terang Bobby. (Syahren)

Read More

Related posts