Walikota Padang Sidempuan Buka Rapat Pembahasan Naskah RPDAS Batang Gadis

Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH, MM membuka secara resmi Rapat Pembahasan Naskah RPDAS Batang Gadis [foto: Prokopim]

WARTAMANDAILING.COM, Padang Sidempuan – Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution, SH, MM membuka secara resmi Rapat Pembahasan Naskah RPDAS Batang Gadis yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Asahan Barumun , Rabu (14/12/2022) di Emerald Hall Hotel Mega Permata Padang Sidempuan.

Kepala BPDAS Asahan Barumun yang diwakili Agus Suhadi melaporkan Rencana Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (RPDAS) adalah suatu rencana yang disusun secara utuh dari hulu, tengah sampai hilir, melibatkan para pemangku kepentingan di wilayah DAS tersebut, melalui tahapan perumusan masalah, tujuan, strategi serta monitoring dan evaluasi.

Adapun manfaat RPDAS Batang Gadis yang disusun ini adalah :

  • Menjadi salah satu acuan, masukan dan pertimbangan bagi rencana pembangunan sektor untuk menyusun program dan kegiatan yang lebih detil di wilayah DAS.
  • Menjadi salah satu bahan masukan dan pertimbangan bagi pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), dan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD).
  • Sebagai instrumen pencapaian tujuan secara sistematik dan instrumen pertanggungjawaban pengelola sumberdaya alam.

Walikota Irsan dalam sambutannya menuturkan, forum tersebut sangat strategis untuk merespon situasi terkini di sungai Batang Gadis.

“Padang Sidempuan sesungguhnya berada ditengah pada Daerah Aliran Sungai Batang Gadis. Kabupten Tapanuli Selatan berada pada hulu yang hilirnya di Kabupaten Mandailing Natal,” terang Irsan.

“Saya berharap kita ikuti forum secara baik, kalau nanti melalui ini akan lahir rumusan yang konkrit dan setelahnya akan ada rencana aksi, bagi kami pemerintah kota Padang Sidempuan siap bersinergi,” pungkasnya.

Rapat Pembahasan Naskah RPDAS Batang Gadis itu turut dihadiri Kepala Balai BPDAS Asahan Barumun, mewakili Bupati Tapanuli Selatan dan sebagai narasumber diisi oleh Profesor Ahli Tanah Prof Abdul Rauf, Guru Besar Tetap Fakultas Kehutanan USU Prof Rahmawaty. (r)

Read More