Air Terjun Silayang Layang, Surga Wisata Tersembunyi di Pagur Madina

Air Terjun Silayang Layang Surga Wisata Tersembunyi di Desa Pagur, Kab Madina, fhoto : Syahren.
Air Terjun Silayang Layang Surga Wisata Tersembunyi di Desa Pagur, Kab Madina, fhoto : Syahren.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Tak banyak orang yang tahu tentang wisata Air Terjun Silayang Layang sebagai salah satu objek wisata di Desa Pagur, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang menyimpan pesona keindahan alam menakjubkan.

Destinasi wisata di Madina ini cocok dijadikan tujuan wisata untuk mengisi waktu liburan bersama teman, sahabat, rekan kerja, pasangan maupun komunitas pencinta alam.

Hal unik yang perlu diketahui dari Air Terjun Silayang Layang Madina adalah wisatawan harus melalui jalur treking yang melelahkan, Mungkin ini pulalah yang membuat wisatawan jarang mengunjungi Air Terjun Silayang Layang yang berada di Desa Pagur ini.

Jalur treking pada objek wisata Mandailing Natal ini dikatakan cukup curam dan jauh, akses yang bisa dilalui sepeda motor dari jalan TMMD Pagur Hapung Masuk ke dalam belok kiri sekitar 1,5 KM saja. sisanya wisatawan harus benar-benar berjalan kaki melewati jalur kecil dan menyeberangi sungai.

Meskipun harus menempuh perjalanan yang melelahkan, namun semua rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan begitu sampai di lokasi Air Terjun Silayang Layang yang memiliki air terjun tujuh tingkat ini.

Selain itu, di bagian sisi kanan-kiri jalur treking juga dikelilingi pepohonan yang masih asri sehingga perjalanan menuju destinasi wisata di Panyabungan Timur ini tidak akan begitu terasa.

Nah, bagi anda yang penasaran dengan objek wisata Air Terjun Silayang Layang berikut ulasan lengkap Dpr jalanan.

Read More

Perlu diketahui, Air Terjun Silayang Layang memiliki pemandangan dan kondisi alam yang masih asri dan terjaga, hal ini karena objek wisata Mandailing Natal tersebut terbilang sepi pengunjung.

Air Terjun Silayang Layang memiliki ketinggian mencapai 100 meter, sehingga udara di sekitar Tor Matipul (Bukit Patah) ini terasa sejuk. Air terjun ini sendiri memiliki tujuh tingkatan.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata Air Terjun Silayang Layang di Panyabungan Timur ini, pengunjung seharusnya berangkat pagi agar bisa sampai siang hari, dapat tiba disana sembari menikmati pesona keindahan alam dan udara sekitar yang terasa menenangkan.

Selain itu, kondisi air yang jernih dikolam penampungan Air Terjun Silayang Layang terasa sangat dingin.

Untuk informasi, Air Terjun Silayang Layang memiliki kolam penampungan alami yang tidak begitu dalam sehingga para pengunjung baik remaja dan dewasa pun bebas bermain air disekitarnya.

Namun perlu diperhatikan, terdapat bebatuan licin di dalam air sehingga wisatawan harus tetap berhati-hati tidak terpeleset saat berendam.

Wisatawan yang berkunjung juga disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri mengigat belum ada warung di sekitar yang menjual makanan. Dengan persiapan matang, maka anda dapat menikmati pesona surga tersembunyi Air Terjun Silayang Layang Madina yang begitu berkesan.

Seperti yang dijelaskan diatas, destinasi wisata di Panyabungan Timur ini masih sepi pengunjung, dengan kata lain, fasilitas yang tersedia pun masih sangat terbatas.

Air Terjun Silayang Layang berada di Tor Matipul Desa Pagur, Kecamatan Panyabungan Timur, Kab Madina, selain silayang layang di desa ini masih banyak terdapat air terjun.

Seperti di Aek Pagur ada 2 titik. 1 Air Terjun atau yang biasa dinamai Sampuran jantan, Simalonah Julu dengan ketinggian 75 M. 2. Sampuran boru 1 Simalonah Jae dengan ketinggian 100 M.

Sementara di lokasi Paet Cira ada 3 titik. 1 dengan ketinggian 100 M. 2, 30 M. 3, 20 M. Lalu, di Tor Simoba satu titik dengan ketinggian 25 M. Rura Sioncim 2 titik dengan ketinggian 7 M dan 30 M. (Syahren)

Related posts