Maju Pilkada 2024, Hamsiruddin: Pulang Kampung untuk Perubahan Kemajuan Paluta

WARTAMANDAILING.COM, Padanglawas Utara – Isu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), mulai menjadi pusat perhatian. Nama-nama tokoh yang bakal maju dalam kontestasi Pilkada pun mulai bermunculan. 

Salah satunya, pengusaha dengan bendera PT RCM Grup, Hamsiruddin Siregar yang lama berkiprah sebagai pengusaha di Ibu Kota Jakarta merasa terpanggil untuk pulang kampung dan mengabdikan diri di tanah kelahirannya.

Falsafah nenek moyang khususnya Batak Angkola yang bermakna berkarier di tanah rantau, kemudian berbagi ke kampung halaman, menjadi hal utama bagi Hamsiruddin untuk memutuskan pulang kampung membangun Paluta.

“Artinya, kaum muda bila mana nanti pergi merantau, setelah berhasil kembali ke kampung halaman untuk membangun,” kata Hamsiruddin, mengutip dari salah satu pemberitaan di media, Senin (8/7/2024).

Hamsiruddin, yang juga merupakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Parsadaan Masyarakat Padang Lawas Utara (ParPaluta) itu sekarang terlihat gencar berkomunikasi dengan berbagai epemen di Kabupaten Paluta dalam upaya perubahan kemajuan Paluta.

Selain menjalin komunikasi dengan para tokoh masyarakat dan berbagai komunitas, Hamsiruddin juga mulai intens berkomunikasi dengan kaula muda di Kabupaten Paluta, dan telah mendengarkan beberapa aspirasi dari anak muda Kabupaten Paluta.

Merunut cerita, saat Hamsiruddin pulang kampung 10 tahun lalu, dirinya langsung membuka lapangan kerja dengan membangun ratusan unit rumah. Soal kiprah di bidang properti, Hamsiruddin mengaku tidak hanya membangun di Paluta tetapi sudah terlebih dahulu di Jabodetabek, sudah terbangun sekitar 20-an ribu unit rumah di berbagai lokasi.

Read More

“Selain perumahan, saya juga membangun tempat rekreasi RCM Waterboom Gunungtua dengan tujuan untuk memajukan Paluta sekaligus merekrut tenaga kerja. Selain itu, tempat ini juga bisa menjadi ikon Paluta selain Candi Portibi.” jelasnya.

Selain bisnis, Hamsiruddin juga aktif berkiprah di bidang sosial. Dalam organisasi Parsadaan Siregar Boru Babere (PSBB) yang didirikan tokoh-tokoh Siregar di Jakarta, Hamsiruddin mengatakan saat ini dirinya menjabat sebagai ketua umum. “Alhamdulillah saat ini saya diberi Allah rezeki maka saya ingin berbakti pada tanah kelahiran,” jelasnya.

Terkait keinginan masyarakat Paluta agar dirinya maju sebagai calon bupati, Hamsiruddin menegaskan awalnya tidak menjadi niatan, untuk terjun di dunia politik. Namun keinginan kuat untuk memajukan Paluta, membuat Hamsiruddin akhirnya memenuhi keinginan masyarakat tersebut.

“Saya merasa terpanggil sesuai apa yang diinginkan masyarakat. Ini sebuah amanah, maka Insya Allah saya ikut dalam berkonsentasi di pilkada Paluta 2024,” pungkasnya.

Dalam Pilkada Paluta 2024, Hamsiruddin Siregar akan maju berpasangan dengan Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati ialah H. Purba Hasibuan yang diusung resmi oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Keduanya telah sepakat untuk maju memenangkan kontes Pilkada Paluta mendatang dengan membawa slogan ‘Harapan Perubahan’ dan memiliki tagline ‘Paluta Berseri, Bermartabat, Sejahtera, Mandiri’. (Nas)