Ifdal Hasayangan Harahap Gelar Upacara Adat Sebelum Mendaftar ke KPU Palas

Bacalon Bupati Wakil Bupati Palas 2024, Muhammad ifdal Hasayangan Harahap SE MM. Didampingi istri Alfina Rahmi. Keduanya memakai Ampu, Bulang dan Baju Kebesaran Adat Tapanuli Bagian Selatan, fhoto : Istimewa.
Bacalon Bupati Wakil Bupati Palas 2024, Muhammad ifdal Hasayangan Harahap SE MM. Didampingi istri Alfina Rahmi. Keduanya memakai Ampu, Bulang dan Baju Kebesaran Adat Tapanuli Bagian Selatan, fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Bakal Calon Wakil Bupati Padang Lawas Ifdal Hasangan Harahap, menggelar upacara adat bersama keluarga besar di Desa Bangkudu, Kecamatan Barumun Tengah sebelum berangkat untuk mendaftar ke komisi pemilihan umum (KPU) Palas, Kamis (29/8/2024)

Upacara adat tersebut dilaksanakan sebagai bentuk permohonan restu kepada alam dan leluhur demi kelancaran seluruh proses pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Palas 2024.

Dalam upacara adat itu Raja luat Barumun Tengah diwakili Pemangku adat Tongku Soripada Martua Hasibuan menabalkan gelar kepada Muhammad Ifdal Hasayangan Harahap dengan Gelar Baginda Sangap Harahap. Upa upa penyerahan gelar disematkan dengan kata “Habang Halihi Tinggal Tukko”.

Dalam upacara yang berlangsung khidmat itu, Muhammad Ifdal Hasayangan Harahap Gelar Baginda Sangap Harahap memanjatkan doa agar diberi kekuatan dan kelancaran dalam setiap tahap pendaftaran hingga proses pemilu berlangsung.

Upacara adat penabalan gelar merupakan tradisi yang dihormati oleh masyarakat tapanuli bagian selatan, hal ini bertujuan untuk menghormati leluhur serta mendapatkan restu alam sebelum sebelum menjalankan kegiatan penting.

Muhammad Ifdal Hasayangan Harahap, menjelaskan bahwa pelaksanaan upacara adat ini memiliki makna khusus bagi dirinya, “Sebagai bagian dari Adat Tapanuli Bagian Selatan. “Saya merasa perlu untuk memohon restu kepada leluhur dan alam serta keluarga. Ini adalah tradisi yang kami hormati dan percaya dapat membawa keberkahan dalam setiap langkah yang kami ambil, “ujarnya.

Setelah acara adat selesai, Muhammad Ifdal Hasayangan Harahap bersama pengurus partai pendukung, tim dan keluarga bergerak menuju kantor KPU Palas.

Read More

Pendaftaran ini merupakan salah satu penting dalam proses pencalonan kepala daerah yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebagai bagian dari persiapan, Muhammad Ifdal Hasayangan juga menyatakan pentingnya menjaga tradisi dan budaya dalam setiap langkah yang diambil, baik dalam kehidupan pribadi maupun menjalankan tugas politiknya.

“Kami percaya dalam menjaga hubungan yang harmonis dengan alam dan leluhur merupakan kunci untuk mendapatkan keberhasilan dalam setiap usaha, “ungkapnya.

Sementara, Raja luat Barumun Tengah melalui pemangku adat Tongku Martua Hasibuan membenarkan bahwa adanya acara adat penabalan gelar terhadap Muhammad Ifdal Hasangan Harahap sebagai calon wakil bupati palas 2024. Upacara adat ini digelar sebelum pemberangkatan dan menuju pendaftaran ke kantor KPU Palas.

“Muhammad Ifdal Hasangan Harahap diberi Gelar Baginda Sangap Harahap. Nama ini diambil dari almarhum neneknya yaitu Haji Sangap Harahap yang merupakan ayah dari Mantan Bupati Padang lawas H Tongku Sutan Oloan Harahap yang akrap dipanggil TSO, “ujarnya.

Lanjut, kata Tongku Martua Hasibuan,
acara tersebut dihadiri oleh raja-raja luat kecamatan eks Barumun Tengah dan juga pengurus partai pendukung dan simpatisan serta ratusan warga setempat.

Tongku Soripada Martua Hasibuan juga mengajak masyarakat se-kabupaten Padang Lawas untuk mendukung dan mendoakan Muhammad ifdal Hasangan Harahap, karena beliau adalah putra terbaik dari Barumun Tengah, yang maju jadi calon wakil Bupati Padang lawas periode 2024_2029.

“Mari kita sukseskan Pilkada Palas 2024, silahkan dukung dan menangkan calon terbaik kita. Namun yang terpenting adalah, “Hita do Sadarion, Hita do Ancogot, Dohot Hita do Haduan”, (kita hari ini, kita juga besok, kita juga dikemudian hari) “kata Tongku Soripada Martua Hasibuan. (Wahyu)