Pengalaman 3 Periode DPR RI, Cabup No 1 Yakin Mampu BAGUSI Tapsel Kembali Bangkit

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Dengan bermodalkan pengalaman malang melintang di DPR RI, calon Bupati (Cabup) Tapanuli Selatan No.1, H. Gus Irawan Pasaribu, yakin mampu giring ‘kue’ pembangunan pembangunan ke Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Sebab, selain pengalaman di DPR RI, ia yakin mampu menggiring ‘kue’ pembangunan ke Tapsel. Sebagai kader Partai Gerindra, Gus Irawan mengaku jika Kabinet Presiden terpilih, H Prabowo Subianto, nantinya juga bakal diisi rekan-rekan sejawatnya.

“4 hari lalu, harusnya saya sudah dilantik menjadi anggota DPR RI. Terima kasih bagi yang sudah memilih saya pada Pemilu Februari 2024. Selama 20 tahun saya berkarir di Perbankan dan menjadi Dirut Bank Sumut 3 periode. 3 periode DPR RI, dan di periode terakhir mundur. Pengalaman itulah yang jadi modal saya maju jadi Bupati Tapsel nantinya,” tegas Gus Irawan di sela silaturahmi dan ngopi bareng bersama masyarakat 4 Desa di Sitaratoit, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapsel, Minggu (6/10/2024) malam.

Kemudian yang menjadi modalnya membuat Tapsel kembali bangkit, akui Gus Irawan, adalah jejaring yang luas. Ia menegaskan bahwa, lebih dari setengah anggota DPR RI Tapsel adalah rekan yang ia kenal. Ia yakin jika terpilih nanti menjadi Bupati, akan lebih mudah membangun Kabupaten Tapsel.

“Apalagi, 20 Oktober nanti Pak Ketua Umum (Partai Gerindra), H Prabowo Subianto akan dilantik menjadi Presiden RI. 3 Periode kami berjuang bersama Pak Prabowo untuk menjadi Presiden. Dan kali ini telah terpilih. Pasti beliau akan memperhatikan Tapsel ke depan. Dan saya yakin ke depan Tapsel akan kembali bangkit,” terang Gus Irawan.

Gus Irawan menjelaskan, jika hanya mengandalkan APBD saja untuk pembangunan daerah, tentu tidak akan maksimal. Maka dari itu, perlu jejaring agar daerah mendapat bantuan dari APBN dan APBD Provinsi. Tapi yang terjadi hari ini di Tapsel, sudah ada anggaran malah tidak mampu dipergunakan atau disebut SiLPA (sisa lebih pembiayaan anggaran).

Padahal, kata dia, sudah ada anggarannya. Tinggal menggunakan. Malah Pemkab Tapsel berdalih perlambatan pembangunan terjadi akibat pandemi Covid-19. Pertanyaannya, sebut Gus, apakah hanya tapsel saja yang diterpa Covid-19?

Read More

Dan yang kontradiktif, lanjutnya, sewaktu Covid-19, terjadi SiLPA di Pemkab Tapsel sekitar Rp355 miliar. Baginya, ini sungguh aneh. Harusnya, sewaktu Covid-19 melanda, APBD banyak digunakan agar terbuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran.

“Bahkan setelah Covid-19, juga terjadi SiLPA. Padahal APBD itu uang rakyat. Ini sungguh aneh. Harusnya, dipergunakan dana yang sudah ada itu. Tidak boleh seperti itu,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, ia menegaskan ke para pendukung maupun Tim Pemenangan, agar jangan gentar melawan intimidasi. Baik itu intimidasi bagi petani ataupun masyarakat Pra Sejahtera. Misal dengan cara-cara menakut-nakuti tidak dapat pupuk atau benih, maupun bantuan bagi keluarga Pra Sejahtera.

“Jangan takut tidak dapat PKH, hanya gara-gara perbedaan pilihan politik. Sebab, PKH itu sumbernya dari APBN. Dan penerima PKH itu sudah ada rumus tertentunya, siapa yang menerima. Bilamana ada bantuan Bansos yang bersumber dari APBD itu juga uang rakyat. Jadi tidak pantas jika rakyat diintimidasi atau ditakut-takuti, dengan tidak dapat bantuan jika berbeda pilihan politik,” tegasnya.

Gus Irawan, juga menjelaskan berbagai program jika ia terpilih nanti, termasuk soal pengadaan 1.000 kolam ikan di Tapsel. Kemudian, pengadaan lampu penerangan jalan umum. Selanjutnya, pembangunan karakter melalui kerarifan lokal. Serta, peningkatan perekonomian melalui sektor pertanian.

“Mari, kita satukan persepsi untuk memilih Paslon No.1, Gus Irawan Pasaribu dan Jafar Syahbuddin Ritonga (BAGUSI). Jika terpilih nanti kami sudah sepakat untuk tinggal di Sipirok. Jadi kalau soal niat saya mem-BAGUSI Tapsel ini tulus. Kalau soal hidup saya pribadi sudah selesai. Jadi, apakah setuju kita BAGUSI Tapsel?” tanya Gus Irawan yang dijawab serempak oleh yang hadir, ‘setuju’.

Dalam kesempatan ini, Gus Irawan juga menyempatkan diri berselfie dengan masyarakat 4 Desa yakni, Sitaratoit, Lobu Layan, Lembah Lubuk Raya, dan Sialogo, yang mendambakannya untuk jadi Bupati Tapsel. Bahkan, masyarakat betah berdiskusi dengan Gus Irawan hingga larut malam.

Tampak hadir mendampingi Gus Irawan, Ketua DPC Partai Gerindra Tapsel yang juga Wakil Ketua DPRD sementara, Abdul Basith Dalimunthe, beserta Sekjen Nauli Harahap, dan Wakil Ketua, Duha Pasaribu.

Kemudian, hadir juga anggota DPRD Tapsel terpilih, Eddy Aryanto Hasibuan dan Armen Sanusi Harahap, beserta Tim Pemenangan dari Kecamatan Angkola Barat dan Koordinator Desa, serta Tokoh Masyarakat lainnya. (r)

Related posts