Polres Padang Lawas Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra tahun 2024

Polres Palas gelar apel pasukan Operasi Zebra Toba tahun 2024 di lapangan apel Mako Polres Palas, Senin (14/10/2024) fhoto : Istimewa.
Polres Palas gelar apel pasukan Operasi Zebra Toba tahun 2024 di lapangan apel Mako Polres Palas, Senin (14/10/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Kapolres Padang Lawas, AKBP Diari Astetika,S.I.K. Memimpin apel pasukan Operasi Zebra Toba tahun 2024 di lapangan apel Mako Polres Palas, Senin (14/10/2024).

Diketahui kegiatan Operasi Zebra Toba 2024 berlangsung selama 14 hari, mulai 14- 27 Oktober 2024 dengan melibatkan 1.396 personel Polri Polda Sumut.

Kapolres Palas, AKBP Diari Astetika,S.I.K mengatakan, pentingnya Operasi Zebra Toba 2024  untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berlalu lintas yang aman dan tertib.

Kapolres juga meminta, agar seluruh personel menjalankan tugas dengan profesional dan humanis, menggunakan pendekatan persuasif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Apel gelar pasukan tersebut diikuti oleh seluruh jajaran personel Polres Palas.Terutama Satuan Lalu Lintas yang akan menjadi ujung tombak operasi. 

“Apel gelar pasukan ini untuk memastikan kesiapan personel mulai dari sarana, prasarana dan sinergitas antar instansi,” katanya.

Operasi ini, lanjut Kapolres bukan hanya sekedar rutinitas, melainkan langkah nyata untuk menurunkan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya agar lebih tertib dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Read More

Lanjut Kapolres, berdasarkan data Ditlantas Polda Sumut dan Polres jajaran pada September tercatat sebanyak 7.843 pelanggaran lalu lintas.

“Angka ini menunjukan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas masih jauh dari harapan,” terangnya.

Namun yang lebih mengkhawatirkan, sambungnya data kecelakaan lalu lintas yang terjadi sepanjang tahun 2024, mulai Januari -September telah terjadi 5.138 kasus kecelakaan yang tidak hanya menyebabkan kerugian materi tetapi juga merenggut nyawa.

Untuk menurunkan pelanggaran, maka perlu langkah memberi edukasi tentang kesadaran dan keselamatan berlalu lintas di masyarakat.

“Melalui Operasi Zebra Toba 2024, diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan untuk menekan angka pelanggaran untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa dijalan raya,” tambahnya.

Usai apel, dilanjutkan pemeriksaan kesiapan kendaraan operasional dan peralatan pendukung, guna memastikan kelancaran dan keberhasilan Operasi Zebra Toba 2024.

Hadir kegiatan apel gelar pasukan,Pj Bupati Palas diwakili Sekda Arpan Nasution,S.Sos, Wakapolres Palas, Kompol Sugianto S.Pd,Pabung Kodim 0212/TS, Kapten inf Ahmad Saleh Harahap, Kajari Palas, Sinrang SH. MH. Ketua PA Sibuhuan, Bainar Ritonga, S, Ag. MH. Ketua PAMK Polres Palas, Fauzan Hamidi Hasibuan.

Tampak juga hadir Kadis Perhubungan Palas, Ronny Saiful,S.Sos, Kasatpol PP Palas,Agus Saleh Saputra Daulay,SH. (Wahyu P Siregar).