APDESI Madina Serahkan Donasi Untuk Kakek Penderita Kanker Kulit di Kotanopan

Dayan (73), seorang kakek penderita kanker kulit di Desa Muara Pungkut, Kecamatan Kotanopan, Belum bisa berobat lantaran tak punya biaya, Rabu (16/10/2024). fhoto : Istimewa.
Dayan (73), seorang kakek penderita kanker kulit di Desa Muara Pungkut, Kecamatan Kotanopan, Belum bisa berobat lantaran tak punya biaya, Rabu (16/10/2024). fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Mandailing Natal melalui DPK APDESI Kecamatan Kotanopan menyerahkan bantuan Donasi sebesar Rp. 2.200. 000 kepada Dayan (73), seorang kakek penderita kanker kulit di Desa Muara Pungkut, Kecamatan Kotanopan, Rabu (16/10/2024).

Penyampaian bantuan ini diserahkan perwakilan DPK APDESI Kotanopan melalui Bendahara Unggul Saputra ( Kades Tobang) di dampingi anggota lainnya yakni Zulkarnain Lubis (Kades Muarapungkut), Sutan Nasution (Kades Desa Botung), Muhammad Nur (Kades Muara Botung) dan Parlindungan (Kades Padang Bulan) yang langsung diterima kakek penderita kanker kulit di rumahnya.

Unggul Saputra mengatakan, bantuan ini berupa uang sebanyak Rp. 2.200.000 yang berasal dari bantuan pengurus dan anggota APDESI Kotanopan dan DPC APDESI Mandailing Natal. Pihaknya berharap bantuan ini bisa meringankan biaya Dayan dan keluarga untuk membawa Pak Dayan berobat.

Dikatakan, bantuan kemanusiaan ini, tidak ada embel – embel lain. Kawan- kawan tergugah melihat kondisi Bapak Dayan sudah lama menderita kanker kulit yang menyebabkan bagian muka terutama mata sudah hilang dan berlobang.

“Kami berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban penderita dan keluarganya, khususnya untuk membawa Pak Dayan untuk berobat ,” ujarnya.

DPK APDESI Kotanopan melalui Bendahara Unggul Saputra saat menyerahkan bantuan Donasi kepada Dayan di rumahnya di Desa Muarapungkut, Rabu (16/10/2024). (Wartamandailing/ Munir Lubis).

Zulkarnaen Lubis selaku Kepala Desa Muara Pungkut membenarkan warganya itu sudah lebih 5 tahun menderita kanker kulit. Penyakit kronis ini menyebabkan bagian muka terutama mata sudah hilang.

Read More

“Selama menderita penyakit ini, Pak Dayan tidak bisa beraktivitas sehingga membuatnya kesulitan ekonomi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kanker kulit yang di menyerang Dayan ini berawal dari adanya tai lalat di bagian muka. Tai lalat itupun digaruk yang menyebabkan luka. Tidak berselang lama, luka itu bertambah besar, sehingga menyebabkannya kehilangan mata sebelah.

“Pihak keluarga juga pernah membawanya berobat ke Medan, namun tiga bulan terakhir kondisi lukanya semakin parah ,” terangnya.

Para pengurus dan anggota DPK APDESI Kotanopan ketika diabadikan bersama disela-sela penyerahan bantuan kepada Dayan Lubis di Desa Muarapungkut, Rabu (19/10/2024). ( Wartamandailing/ Munir Lubis).

Zulkarnaen mengucapkan terimakasih kepada DPC APDESI dan DPK APDESI Kotanopan yang telah membantu warganya itu. “ Kami sangat berterima kasih kepada APDESI karena telah memberikan bantuan dana untuk biaya pengobatan Pak Dayan. Mudah – mudahan bantuan dari yang lainnya segera menyusul agar Pak Dayan bisa secepatnya berobat ,” pintanya. (Munir Lubis).