Keluhan Warga Tapsel Ke Gus Irawan: Saba Nami Inda Maraekbe

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Warga Desa Pargarutan Dolok, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (tapsel), menyambut hangat kehadiran calon Bupati nomor satu (No.1) Gus Irawan Pasaribu yang MANGOPI (Mangalap Pagomos Aspirasi) di Dusun Kantin, Selasa (15/10/2024) malam.

Bagi warga, kehadiran calon Bupati Gus Irawan didampingi mantan Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu dan anggota DPRD Heriansyah Siregar, merupakan kesempatan berharga untuk meluahkan keluh kesah atas penderitaan yang dialami sejak dua tahun terakhir ini.

“Saba nami inda maraekbe (sawah kami sudah tak berair) dan bangunan air bersih juga sudah rusak total. Ini sudah terjadi sejak dua tahun lalu, kami tak ingin penderitaan ini dilanjutkan,” tegas Hasan Siregar.

Kepada calon Bupati Gus Irawan Pasaribu yang di Pilkada tahun 2024 berpasangan dengan Jafar Syahbuddin Ritonga, warga Desa Pargarutan Dolok menaruh harapan besar agar bisa membagusi segala kerusakan ini.

Sebab, pembangunan saluran irigasi dan fasilitas air bersih masyarakat Desa Pargarutan Dolok yang rusak itu sudah sering disampaikan ke pemerintahan Tapsel yang sekarang. Tetapi belum juga ada tanggapan.

“Kami mendukung dan akan ikut memperjuangkan bapak menang di Pilkada. Sehingga kami tidak menderita lagi. Kami siap bersama-sama membagusi Tapsel, khususnya Desa Pargarutan Dolok,” ujarya.

Senada dikatakan Matua Harahap dari Dusun Utte Rudang. Ia mengenang gencarnya pembangunan Tapsel di kepemimpinan Bupati Syahrul M. Pasaribu. Termasuk membuka dan menghotmix jalan di desa itu. Juga menarik jaringan listrik PLN ke dusun mereka.

Read More

“Pak Syahrul mundur dari DPRD Sumatera Utara menjadi Bupati Tapsel. Pembangunan sangat gencar, sehingga beliau digelar Bapak Pembangunan. Kini pak Gus Irawan mundur dari DPR RI dan mencalon Bupati Tapsel, saya yakin Tapsel akan semakin jauh lebih maju,” katanya.

Kepada warga di kegiatan MANGOPI bersama BAGUSI Tapsel, Matua Harahap mengajak semuanya untuk mengakhiri penderitaan dengan cara perjuangkan kemenangan Cabup dan Cawabup No.1 di Pilkada 27 November nanti.

SEDIH

Mantan Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu yang turut mendampingi Gus Irawan di MANGOPI bersama BAGUSI, menyatakan sedih mendengar keluhan warga. Apalagi sudah dua tahun kesulitan air sawah dan air bersih.

Di 10 tahun kepemimpinannya, kondisi penderitaan seperti ini tidak boleh berlarut-larut. Begitu ada pemberitahuan atau permintaan perbaikan infrastruktur yang rusak dari warga, langsung ditindaklanjuti.

Diceritakannya, masyarakat Pargarutan Dolok dan khususnya Dusun Kantin, sangat pro aktif dalam mendukung program pembangunan Pemkab Tapsel. Bahkan, di sinilah pertama kalinya dilakukan pembukaan dan pelebaran jalan tanpa ada tuntutan ganti rugi.

Sekitar tahun 2011 atau periode pertama Syahrul Bupati Tapsel, ia buka dan lebarkan jalan dari Pargarutan Dolok ke Sijungkang tembus ke Huta Ginjang. Saat itu kondisi jalan sangat sempit dan hanya bisa dilalui sepedamotor.

Berkat kolaborasi yang baik bersama masyarakat, jalan yang dulunya sempit ini berhasil dilebarkan dan hotmixmya bertahan sampai sekarang. Jalan ini menjadi jalur alternatif dari Marancar ke Sipirok.

Sementara Gus Irawan Pasaribu menyatakan, karena kondisi rakyat yang serba susah dan sulit inilah makanya ia bersama Jafar Syahbuddin Ritonga maju mencalon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Tapsel.

“Kondisi Tapsel mengalami perlambatan pembangunan sehingga masyrakat menderita, permintaan keluarga besar kami di Yayasan Haji Hasan Pinanyungan dan penugasan dari Ketua Umum Partai Gerindra pak Prabowo. Inilah alasan kenapa saya maju di Pilkada,” terang Gus.

Keinginannya maju di Pilkada sudah melalui pertimbangan yang matang. Karena itulah ia tinggalkan jabatan anggota DPR RI periode 2024-2029 dan segala kesempatan yang ada di tingkat nasional. Seperti peluang menjadi Menteri atau Wakil Menteri.

“Sedih saya mendengar ada orang mengatakan saya rakus jabatan. Padahal jabatan yang levelnya jauh lebih tinggi dari Bupati Tapsel sudah saya tinggalkan. Dengan mengucap Bismillah, kita mulai perjuangan ini, Tapsel Kembali Bangkit,” tegasnya.

Kepada warga Pargarutan Dolok, Gus Irawan minta tetap kompak bersatu. Semua keluhan dan harapan warga telah dicatatnya, sehingga kelak apabila diberi amanah menjadi Bupati Tapsel, catatan ini akan menjadi prioritas yang akan dibagusi. (r)

Related posts