Gus Irawan dan Syahbuddin Mambukkas Tobat Bersama Warga Tapsel

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Ratusan masyarakat Kecamatan Angkola Barat, mambukkas tobat (membuka kolam ikan) bersama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan nomor satu (No.1) Gus Irawan Pasaribu dan Jafar Syahbuddin Ritonga (BAGUSI) di Desa Panobasan, Kamis (24/10/2024).

Bertempat di kolam warga dan di tengah kebun salak, Gus Irawan dan Syahbuddin membaur bersama masyarakat. Masuk ke kolam berlumpur, menangkap ikan dengan hati yang riang gembira.

Gus Irawan Pasaribu kepada wartawan mengatakan, Tapsel swasembada ikan merupakan bagian prioritas program kerja mereka bersama Jafar Syahbuddin, jika melalui Pilkada 27 November nanti diamanahkan memimpin Tapsel.

“Selama ini kebutuhan ikan mas di wilayah Tabagsel didatangkan dari Panti Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Ke depan, Tapsel yang harus memenuhi itu. Kita targetkan swasembada ikan dengan cara bangun 1.000 kolam setiap tahun,” terangnya.

Program ini, katanya, sekaligus untuk mendukung program ketahanan pangan menuju Indonesia Emas 2045 sesuai misi Presiden RI Prabowo Subianto.

Kemudian, program Tapsel swasembada ikan ini juga mendukung program Makan Bergizi Gratis. Sebab, untuk program Prabowo dan Gibran ini, persediaan bahan pokoknya diambil dari daerah setempat.

“Bayangkan jika ikan air tawar masih dipasok dari Panti Pasaman. Tentu kita akan kekurangan ikan, karena di daerah mereka juga ada program Makan Bergizi Gratis. Karena itulah mulai dari sekarang budidaya ikan air tawar itu kita mulai,” terang Gus Irawan.

Read More

Untuk budidaya ikan air tawar, diakui Gus, kendala yang dihadapi adalah mahalnya harga pakan. Tetapi dalam program ini, Pemkab Tapsel di bawah kepemimpinan mereka nantinya akan turut menyediakan mesin pembuat pakan.

“Alhamdulillah, setengah dari jumlah anggota DPR RI yang dilantik kemarin adalah teman saya. Menteri Perikanan dan Menteri Pertanian juga teman saya. Insya Allah, kita akan lebih mudah membawa program pemerintah pusat ke Tapsel,” terang Gus Irawan.

Pantauan di lokasi, sekira pukul 11:30 air kolam sudah surut. Kemudian Gus Irawan bersama Jafar Syahbuddin dan warga turun ke kolam menangkap ikan.

Keceriaan seperti ini yang akan dirasakan masyarakat Tapsel apabila lima tahun ke depan dipimpin Bupati Gus Irawan dan Wakil Bupati Jafar Syahbuddin.

“Selain kebersamaan dan keceriaan saat menangkap ikan sembari berkubang lumpur, pemilik kolam juga dapat untung,” kata Jafar Syahbuddin dengan senyum ceria. (r)

Related posts