Gadget Jadi Ancaman Bagi Anak : Desa Roburan Dolok Siapkan Arena Permainan Tradisional

Egrang merupakan permainan tradisional yang terbuat dari bambu, Permainan ini bermanfaat untuk berlatih keseimbangan tampak Dua anak-anak di Desa Roburan Dolok sedang Asyik bermain, Minggu (18/6/2023) fhoto : Warta Mandailing, Syahren.
Egrang merupakan permainan tradisional yang terbuat dari bambu, Permainan ini bermanfaat untuk berlatih keseimbangan tampak Dua anak-anak di Desa Roburan Dolok sedang Asyik bermain, Minggu (18/6/2023) fhoto : Warta Mandailing, Syahren.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Berangkat dari kekhawatiran dan keresahan akan pengaruh negatif yang ditimbulkan dari Gatget kepada anak-anak, Pj Kades Roburan Dolok dan seluruh elemen masyarakat sepakat dan bergerak untuk membuat wadah arena permainan tradisional di sekitar desa.

Wahana bermain tradisional ini didirikan di tiga titik lokasi di Desa Roburan Dolok, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, tujuannya, ingin menumbuh kembangkan kembali permainan tradisional bagi anak-anak di tegah gempuran perkembangan teknologi masa kini.

Dalam program bertajuk “Mewujudkan pemukiman ramah anak yang di programkan beberapa waktu yang lalu, Pj Kades Roburan Dolok Enda Mora menerangkan, wahana ini merupakan sarana tempat bermain permainan tradisional yang tujuannya untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan gadget.

“Namanya kampung tanpa hp untuk anak, kenapa tanpa hp, karena disini kita buat banyak wadah permainan tradisional yang seru, bisa main di teras rumah, di taman, dilapangan terbuka, di pinggiran kampung main bersama alam sampai anak-anak disini lupa main hp.”ujar Enda Mora Kepada Warta Mandailing, Minggu (18/6/2023)

Lanjut, kata Enda Mora, semua kegiatan permainan ini bertujuan untuk mengurangi kecanduan anak-anak dalam penggunaan gawai, mulai dari game hingga media sosial, karena tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan handphone bagi anak usia dini bisa memberikan dampak buruk terhadap perkembangan fisik dan mental anak-anak jika penggunaannya tidak dibatasi.

“Banyak main handphone dapat merusak mata, merusak jiwa bahkan kantong orangtua mereka, maka untuk itu kita buat permainan tradisional ini, untuk mengurangi kecanduan gadget, anak-anak banyak yang kecanduan hp, main game, tiktok, YouTube dan Facebook an, kita harus sadar, maka tujuannya dibuat permainan ini untuk menanamkan kembali nilai kebersamaan dan menumbuhkan kreativitas pada anak.”jelasnya.

Sebelumnya, untuk mencapai tujuan ini, Pj Kades Roburan Dolok Enda Mora segera memberlakukan sebuah peraturan desa tentang pembatasan dan penggunaan gadget bagi anak usia dini dan remaja, hal ini bertujuan untuk mengurangi beban ekonomi keluarga, nah untuk itu bagi anak-anak ini dibuat tiga zona tempat permainan tradisional yang sudah disediakan di sekitar desa.

Read More

Permainan tradisional yang ada disini, berupa bakiak, egrang dan masih banyak yang lain, tidak hanya bermain anak-anak juga diajari dalam membuat mainan tersebut, bakiak dan egrang bisa dibuat dengan menggunakan bahan baku bambu yang sumbernya melimpah ruah di desa itu.

Sama halnya dengan pohon pinang dan pohon kelapa, beberapa bagian pohon bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah mainan, seperti pedati-pedatian, mobil-mobilan, sepatu tempurung kelapa dan berbagai macam mainan lainnya.

Enda Mora menjelaskan, bahwa banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan melalui kegiatan permainan tradisional, selain untuk bersenang-senang juga sekaligus menjadi sarana belajar bagi anak-anak desa.

“Kenapa harus bermain permainan tradisional?, karena bermain itu penting, bermain itu setara dengan belajar, ketika sedang bermain permainan tradisional, mereka belajar toleransi, tenggang rasa, bagaimana caranya menghargai teman dan menjaga kebersamaan, bermain dapat melatih fisik seperti melompat dan berlari, bermain juga dapat melatih otak dan mental anak.”tutupnya.

Raudiatul Zahra mengaku cukup merasa senang dengan adanya zona tempat bermain permainan tradisional yang disediakan oleh aparat pemerintahan desa.

“Permainan yang paling ku sukai disini main egrang dan baca buku di ruang perpustakaan, bermain bersama dengan teman-teman cukup seru.”ujar siswa kelas 4 SD ini.

Menimbang dengan banyaknya manfaat yang bisa dirasakan anak-anak dari permainan tradisional ini, kampung ramah anak di Desa Roburan Dolok bisa menjadi contoh untuk desa yang lain di Kabupaten Mandailing Natal, tidak harus bermain permainan tradisional di area yang sudah disiapkan di kampung ini, melainkan bisa dimainkan dimana saja termasuk dirumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada, seperti main batu simbang, main congkak dan lainnya. (Syahren)