Kapolsek Barumun Tengah Dimata Warga Sosok Yang Humanis dan Komunikatif

Kapolsek Barteng Iptu Eli Mawan (kiri) Danramil 10 Binanga (kanan) tampak keduanya manortor adat Tabagsel di acara pesta pernikahan, fhoto : Istimewa.
Kapolsek Barteng Iptu Eli Mawan (kiri) Danramil 10 Binanga (kanan) tampak keduanya manortor adat Tabagsel di acara pesta pernikahan, fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas – Ditengah desas desus beragam kasus polisi yang bermasalah, namun ada salah seorang polisi yang humanis dan bermasyarakat. Apa yang dilakukannya sejalan dengan visi kepolisian dalam mewujudkan pelayanan keamanan dan selalu bersinergi dan proaktif.

Sosok yang satu ini pantang menyerah sebelum mencoba. Dia selalu melakukan deteksi dini terhadap kegiatan operasi dan penyelidikan dalam pengamanan serta penanganan. Sebagai misi kepolisian, yang senantiasa memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat tanpa diskriminatif.

Dia adalah Iptu Eli Mawan Sitorus yang kini menjabat sebagai Kapolsek Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas. Hal itu disambut Tongku Soripada Hasibuan, kepada Wartamandailing. Rabu (10/7/2024)

Menurut Tongku Soripada Martua Hasibuan, kiprah beliau sebagai polisi, Iptu Eli Mawan Sitorus selalu mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan segala perkara yang terjadi di masyarakat baik itu masalah hukum pidana ataupun perdata.

“Kapolsek Iptu Eli Mawan Sitorus selalu memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, terus jaga Kamtibmas kita ujarnya kepada warga, “tambah Tongku.

Sikapnya yang santun membuatnya lebih dekat dengan masyarakat. Dan tentu saja dengan pendekatan yang dilakukannya sangat menunjang tugas-tugasnya sebagai polisi terutama dalam menjalankan amanah sebagai Kapolsek Barumun Tengah.

“Iptu Eli Mawan selalu aktif mengikuti kegiatan keagamaan maupun kegiatan lembaga adat, “ungkapnya.

Read More

Sepak terjangnya dalam menjalankan tugas dan pengabdian pada Negara. Patut diacungkan jempol, hampir semua masalah diselesaikannya tanpa konflik.

“Kita pantas memberikan apresiasi kepada Kapolsek Barteng, bila ada masalah, beliau selalu melakukan pendekatan yang humanis dalam menyelesaikan masalah tersebut, “katanya.

Diakhir pertemuan dengan awak media Wartamandailing, Tongku Soripada menutup pesan dengan pantun Tabagsel, Rabu (10/07/2024) di acara pesta adat Barteng.

Pakkat Nai Pajopi Tu Aek Nabara.
Saipupu Nian Manaik Pangkat Su Tar Puji Tu Negara.

Dung di Pajopi Tu Aek Nabara.
Di oban Mai Tu Bangkinang.
Dung Tar Puji Tu Negara.
Bangga Mai Damang Dainang.

Terpisah, Kapolsek Barteng Iptu Eli Mawan Sitorus menanggapi apa yang dijelaskan tokoh masyarakat tentangnya, iptu Eli Mawan menyampaikan apa yang saya perbuat merupakan hal yang biasa.

“Kita melakukan ini adalah sebagai bentuk cara kepolisian dalam mengayomi masyarakat, polisi harus selalu dekat dan berdiri di tengah masyarakat, “kata Iptu Eli Mawan.

Kapolsek Barteng Iptu Eli Mawan (kanan) Danramil 10 Binanga (kiri) dan jurnalis Wartamandailing (tengah) saat mengikuti acara pesta pernikahan.

Kemudian, Kapolsek Bartaeng Iptu Eli Mawan menyampaikan, polisi itu harus mempu melakukan pendekatan kepada masyarakat, sebagaimana selogan dan pesan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Presisi yang merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan, “pungkasnya. (Wahyu P Siregar).