Masyarakat Inginkan Sosok Hapendi Harahap Pimpin Kota Padangsidimpuan

Bakal Calon Walikota Padangsidimpuan, Dr. Hapendi Harahap, SH. Sp.N., MH saat membuka Turnamen Sepak Bola yang diselenggarakan Tunas Harapan Cup IV di Kelurahan Aek Tampang (foto: Warta Mandailing)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Dr. Hapendi Harahap, SH. Sp.N., MH sosok yang didukung maju sebagai calon Walikota Padangsidimpuan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini. Dukungan datang dari berbagai lapisan masyarakat.

Hapendi, yang merupakan putra daerah kelahiran Padangsidimpuan saat ini dikenal sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT) periode 2024-2027 juga dipercaya sejumlah partai politik untuk maju dalam kontestasi pilkada serentak nanti.

Raja Panusunan Bulung Kekuriaan/Kedewanan Negeri Losung Batu, Asalsah Harahap salah satunya yang sangat mendukung Hapendi untuk maju di pemilihan calon Walikota Padangsidimpuan. Asalsah percaya Hapendi adalah sosok yang tepat untuk membawa kemajuan bagi Kota Padangsidimpuan.

“Saya menilai Hapendi memiliki kemampuan dan integritas yang tinggi dalam memimpin. Dedikasi itu terlihat dalam hal ia memimpin PP IPPAT yang terpilih kembali baru baru ini secara aklamasi sebagai ketua umum,” ungkap Asalsah yang memiliki gelar Sutan Radja Asal III generasi ke- 12 Ompu Toga Langit ini.

Kata Asalsah, selain putra daerah yang memiliki dedikasi tinggi dalam memimpin, tentunya dukungan ini diberikan kepada Hapendi karena telah memiliki visi dalam membangun kota Padangsidimpuan ke yang lebih baik.

“Mari kita dukung dan doakan agar Hapendi Harahap dapat membawa perubahan positif untuk daerah padang nadimpu yang kita cintai ini,” ucapnya, Minggu (4/8/2024).

Asalsah menambahkan, selain satu marga, dirinya terpanggil untuk mendukung Hapendi yang bertepatan menjabat sebagai Ketua Umum IPPAT, sangat sejalan dengan visi misinya dalam memperjuangkan tanah Adat di wilayah Masyarakat Hukum Adat (MHA) Kekuriaan/Kedewanan Negeri Losung Batu yang meliputi Kecamatan Padangsidimpuan Utara dan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan.

Read More

“Apalagi terlebih-lebih keterpanggilan saya adalah didorong Palsafah Adat Dalihan Natolu yang merupakan Kahanggi (Domu Markahanggi). Mudah-mudahan suman muse maon songon hata ni adat ‘Songon horbo sihampang bahal, Namanjappal tu balian mangalengei tu bagasan’ artinya, walau Kahanggi saya merantau jauh sampai ke Jakarta siborang ni lautan tetapi hasilnya akan diabdikan untuk kampung halaman sendiri,” imbuh pria alumni Teknik Sipil USU tahun 1992 ini.

Istilah ‘Martabe Reborn’ yang bermakna menghidupkan kembali Program “Marsipature Hutanabe kembali” sebagaimana yang digagas oleh Almarhum Raja Inal Siregar saat menjabat Gubernur Sumatera Utara dengan konsep membangun kampung halaman masing-masing sangat tepat diistilahkan kepada Hapendi Harahap.

“Mambangun tano hatubuan (membangun tanah kelahiran) Padang Nadimpu Kota Padangsidimpuan atau boleh saya meminjam istilah ‘Martabe/Marsipature Hutanabe Reborn’,” sangat tepat ditujukan buat kahanggi Hapendi,” tutupnya.

Dukungan untuk Hapendi Harahap tidak hanya datang dari Raja Luat Losung Batu saja. Ketua Umum Aliansi Mahasiswa Hati Rakyat (AMATIR) Tabagsel, Fachrur Rozi juga turut mendukungnya. Hapendi dinilai sebagai figur yang merakyat dan memiliki komitmen kuat untuk memajukan daerahnya.

“Saya melihat beliau sosok yang memiliki prinsip dan komitmen dalam memajukan Kota Padangsidimpuan. Misalnya saja ketika beliau membuka acara pertandingan sepak bola di Kelurahan Aek Tampang beberapa waktu lalu. Pak Hapendi serasa mau menangis melihat kondisi lapangan bola kami saat itu,” terang Rozi.

Rozi meyakini, dengan slogan ‘Menuju Padangsidimpuan yang Lebih Baik’ dan sikap akrab serta sikap mudah bergaul dengan sukarela langsung hadir menemui warga yang ada pada sosok Hapendi adalah figur yang diinginkan masyarakat untuk memimpin Kota Padangsidimpuan.

Terpisah, Hapendi Harahap yang mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih kepada masyarakat yang menginginkan dirinya maju untuk memimpin kota Padangsidimpuan nantinya.

“Saya datang kesini dari Jakarta tujuan untuk membangun kota Padangsidimpuan. Tidak adanya perubahan yang betul-betul signifikan di kota ini menjadi niat saya untuk maju mencalonkan diri pada pilkada mendatang,” papar Hapendi usai membuka turnamen pertandingan sepak bola yang diselenggarakan Tunas Harapan Cup di Kelurahan Aek Tampang pada Kamis, 1 Agustus 2024 kemarin.

Pria alumni SMA Negeri 3 Kota Padangsidimpuan tahun 1982 ini juga menuturkan, niat dan motivasi dirinya untuk mengikuti kontestasi pilkada serentak ini adalah akibat ketidakpuasan terhadap kinerja para pejabat pendahulu yang telah diberikan kesempatan untuk memimpin dan membangun kota Padangsidimpuan.

“Ketidakpuasan terhadap kinerja para pejabat sebelumnya dan tidak adanya perubahan yang betul-betul signifikan di daerah inilah yang menjadi motivasi saya hadir dan maju sebagai bakal calon Walikota Padangsidimpuan dengan niatan membangun daerah kita ini lebih baik lagi,” pungkasnya. (Nas)

Related posts