Ribuan Massa Hadiri Deklarasi dan Antarkan Paslon Irsan-Ali ke KPU Padangsidimpuan

Ribuan massa sambut kedatangan Calon Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution saat melaksanakan deklarasi di Kantor DPD Partai Golkar (foto: Fachrur Rozi/Warta Mandailing)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Ribuan massa pendukung dan simpatisan bersama kader Partai Golkar serta tokoh masyarakat dan pengurus berbagai organisasi menghadiri deklarasi pasangan calon Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution dan Wakil Walikota Ali Muda Siregar yang berlangsung di depan kantor DPD Partai Golkar, Jl. Sitombol, Kota Padangsidimpuan, Kamis (29/8/2024).

Selain deklarasi, kedatangan massa juga sekaligus mengantarkan pasangan Irsan – Ali mendaftar Calon Walikota dan Wakil Walikota ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padangsidimpuan. Terdengar teriakan massa mengelu-elukan Irsan-Ali lanjutkan visi Padangsidimpuan Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera (BERSINAR) jilid 2.

Deklarasi ini tampak dihadiri sesepuh Partai Golkar se Tabagsel H. Awaluddin Harahap, H. Miswar Nasution dan H. Mhd. Sarjan Lubis. Sesepuh pemuda Tabagsel Ali Rahman Nasution, tokoh adat Tabagsel Sutan Tinggi Barani, pengurus Puja Kesuma Padangsidimpuan, Ormas dan OKP lainnya.

Hadir juga pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Pimpinan Kecamatan (PK), organisasi sayap pendiri dan yang didirikan (Hasta Karya), anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Padangsidimpuan dan simpatisan lainnya.

Dalam deklarasi itu, Irsan Efendi Nasution didampingi Ali Muda Siregar mengatakan, bahwa DPP Partai Golkar telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) untuk menugaskan mereka berdua sebagai pasangan yang diusung pada Pilkada Padangsidimpuan tahun 2024.

“SK yang juga sekaligus formulir B Persetujuan Parpol KWK itu, ditanda tangani Ketua Umum DPP Partai Golkar Bahlil Lahadalia dan Sekretaris Jenderal M. Sarnuji pada 24 Agustus 2024,” jelas Irsan.

“Golkar satu-satunya partai politik yang mengusung kita. Namun, dengan solidnya kita semua, Insya Allah perjuangan di Pilkada ini akan sukses kita menangkan,” terangnya lagi.

Read More

Pria yang dulunya pernah menggeluti dunia Jurnalis ini terlihat semakin berapi-api menyampaikan orasinya setelah mendengar teriakan yel-yel Golkar Solid dan Lanjutkan Sidimpuan Bersinar Jilid 2 yang dielu-elukan massa.

Menyinggung tentang dinamika, hujatan, fitnah yang diarahkan kepadanya selama proses Pilkada ini, Irsan mengatakan selama ini dia hanya diam. Kemudian berserah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa tentang apa jalan terbaiknya ke depan.

Sementara calon Wakil Walikota usungan Partai Golkar, Ali Muda Siregar, dalam pidatonya menyatakan kesiapan untuk mendampingi Irsan Efendi Nasution dalam kontestasi ‘perjuangan’ Pilkada Kota Padangsidimpuan tahun 2024.

Tokoh sekaligus pengusaha yang peduli pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini mengucapkan banyak terimakasih. Sebab, ia tidak menyangka tingginya semangat dan antusias massa yang mengantar mereka mendaftar ke KPU Padangsidimpuan.

Mendaftar ke KPU

Usai deklarasi, ribuan massa pendukung mengawal dan mengiringi pasangan Irsan – Ali mendaftar ke KPU dengan berjalan kaki sekira tiga kilometer dari kantor DPD Partai Golkar menuju pelataran penyelenggara Pemilu.

Setiba di KPU Padangsidimpuan, pasangan Irsan – Ali disambut dengan pengalungan bunga dan seni tarian daerah. Selanjutnya diterima Ketua KPU Padangsidimpuan dan empat komisioner lainnya. Terlihat jalur lalulintas di inti kota tampak padat dan tertutup oleh ribuan massa pendukung.

“Hari ini kita terima pendaftaran pak Irsan Efendi Nasution dan Ali Muda Siregar. Sehingga sampai dengan hari terakhir pendaftaran ini sudah tiga pasangan calon yang mendaftar ke KPU,” sebut Tagor.

Dengan disaksikan komisioner Bawaslu Padangsidimpuan Firman Alhadis dan staf, Tagor menjelaskan tentang mekanisme pendaftaran Paslon Pilkada. Antara lain, dengan menerapkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sesuai PKPU nomor 10 tahun 2024. Untuk pendaftaran Paslon di Pilkada Sidimpuan cukup dengan partai atau gabungan partai politik memperoleh 12.067 suara pada Pemilu 2024. Sementara Partai Golkar meraih 37.723, sehingga sah untuk mendaftarkan Paslon tanpa harus kolaisi dengan partai lainnya,” jelas Tagor.

Kemudian Ketua KPU bersama komisioner dan didampingi Sekretaris menyatakan berkas dan persyaratan Irsan Efendi Nasution dan Ali Muda Siregar telah sah dan lengkap. Proses pendaftaran dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan berkas berita acara pendaftaran.

Usai mendaftar, pasangan Irsan dan Ali bersama ribuan massa kembali long march menuju kantor DPD Partai Golkar. Di hadapan massa pendukungnya pasangan calon Walikota dan Walikota Padangsidimpuan ini mengucapkan terima kasih. (Rozi)

Related posts