Bila Menang Pilkada, Harun Mustafa Akan Buka Rumah Aspirasi Untuk Warga Madina

Harun Mustafa Nasution mencicipi jajanan kripik saat berkunjung ke Pasar Baru Panyabungan, fhoto : Istimewa.
Harun Mustafa Nasution mencicipi jajanan kripik saat berkunjung ke Pasar Baru Panyabungan, fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Apabila ditakdirkan untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Madina, pada Pilkada 2024, Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1, Harun Mustafa Nasution – Ihcwan Husein Nasution akan buat rumah aspirasi (Open House) setiap bulan untuk masyarakat Desa atau kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Mandailing Natal, Rabu (17/10/2024)

Harun Mustafa Nasution menyampaikan, setelah beberapa Minggu kami dan tim turun desa ke desa dan menemukan banyak aspirasi masyarakat yang tidak tersyahuti oleh Pemerintah Daerah.

“Saya sudah kunjungi desa desa di Madina, banyak aspirasi masyarakat baik dibidang pembangunan atau pertanian, kesehatan dan pendidikan yang tidak dapat tersyahuti, “ujar Harun Mustafa.

Faktor pertama yang ditemukan dilapangan adalah ruang komunikasi antara masyarakat dengan perangkat desa, pihak Kecamatan dan kabupaten. Untuk itu perlu kita buat Rumah Aspirasi bagi masyarakat Madina untuk menyampaikan aspirasi, kritik, dan saran terkait pembangunan maupun program pemerintah.

“Apabila masyarakat mengamanahkan untuk kami memimpin Kabupaten ini ke depan, kami akan buka rumah aspirasi bagi masyarakat setiap bulannya, “Kata Harun Mustafa Nasution.

Harun bercerita, semasa ia menjadi Wakil Ketua DPRD Sumut, untuk menampung aspirasi ia selalu turun ke desa. Hasilnya sangat maksimal. Banyak desa yang aspirasinya tersyahuti.

Konsep kedepan akan dibuat beda kata Harun Mustafa Nasution. Ia ingin setiap kunjungan ke Desa ada seperti Open House. Selain bersilaturahmi langsung dengan warga, ia juga memberi kesempatan kepada warga menyampaikan aspirasi baik terkait usulan pembangunan, maupun pertanian dan pendidikan serta sektor lainnya.

Read More

Usulan-usulan warga nantinya kata Harun akan masuk ke Musrembang Kecamatan dan Kabupaten. Sehingga tidak ada lagi aspirasi yang tersendat akibat diskomunikasi.

“Dengan adanya konsep Rumah Aspirasi (open house) ini saya yakin isi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tidak sia-sia dan tidak hanya usulan kepentingan kelompok yang tersyahuti, melainkan kepentingan umum sehingga pembangunan di Madina nanti akan merata tidak ada lagi kata dianak tirikan, ” Kata Harun Mustafa Nasution.

Musrembang Kecamatan sendiri kata Harun Mustafa Nasution jelas bertujuan membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan lintas desa atau bukan kewenangan desa sesuai DU RKP Desa di wilayah kecamatan. Kemudian membahas dan menyepakati usulan rencana prioritas kegiatan kelurahan di wilayah kecamatan.

Selain tujuan memeratakan pembangunan, Harun juga menilai konsep ini akan membantu Pemerintah Daerah untuk mempermudah proses penganggaran baik ia APBD maupun APBDes yang saat ini menjadi tulang punggung Desa.

“Ini efektif memang. Tidak ada lagi alasan aspirasi tidak ditampung. Tinggal bagai mana kekuatan keuangan daerah, tambahnya kita lobi dana APBN dari pusat, “Jelas Harun Mustafa Nasution.

Untuk Mewujudkan itu semua Harun Mustafa Nasution ingin di tanggal 27 November 2024 ini, masyarakat menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah ini dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mencoblos Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Madina nomor urut 1 Harun Mustafa Nasution dan Ichwan Husein Nasution. (Has)

Related posts