Macam-Macam Makanan Khas Mandailing, Duh Nikmatnya!!

Foto: jelajahnews.id

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Makanan Khas Mandailing adalah makanan tradisional yang ditemui di daerah Kabupaten Mandailing Natal. Bagi wisatawan yang ingin mencoba rasa makanan dan masakan di Mandailing, silahkan mengunjungi daerah ini, dijamin bakal ketagihan.

Dari daftar makanan khas Mandailing ini, yang mana favoritmu?

  • Alame (Dodol Mandailing)

Alame (Dodol Mandailing) merupakan makanan tradisional Mandailing yang terbuat dari gula merah, tepung beras ketan dan santan kelapa yang dimasak sampai mengental. Alame sering juga disebut dengan Dodol Mandailing. Selain menjadi makanan tradisional, kuliner ini telah menjadi tradisi bagi masyarakat Mandailing. Tradisi memasak Alame atau disebut juga dengan Mangalame biasanya ramai saat bulan puasa sebagai penganan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

  • Itak Poul-poul

Itak Poul-Poul adalah kue khas Mandailing yang berbentuk seperti kepalan jari tangan. Kue ini dicetak dengan cara sederhana, yakni dengan kepalan jari tangan. Kue ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula merah dan garam. Campuran adonan tersebut dikepalkan pada tangan sehingga terbentuk bekas kepalan jari tangan pada adonan. Setelah itu, adonan dikukus hingga matang. Nikmat rasanya!

  • Lomang (Lemang)
  • Toge Panyabungan

Toge Panyabungan adalah sejenis es campur yang berisi cendol hijau, candil, lupis, ketan merah, ketan biasa dan tape yang disiram dengan santan bercampur gula merah. Rasanya sangat manis dan lezat. Makanan ini selain bulan Ramadhan, toge juga dijual di hari biasa dan mudah didapatkan di pasar Panyabungan.

  • Gule Bulung Gadung

Gule bulung gadung artinya gulai daun singkong. Cara pengolahannya mudah yakni, daun singkong ditumbuk hingga halus dengan rempah-rempah seperti bawang, kunyit, jahe dan lainnya. Selanjutnya ditambahkan santan. Pada umumnya rumah makan di daerah Mandailing mayoritas menyediakan masakan ini, rasanya bikin ketagihan.

  • Pakkat (Pucuk Rotan)

Sebagian khalayak mungkin heran dengan jenis makanan ini. Pakkat atau pucuk rotan, biasanya makanan ini banyak di jual pada bulan puasa Ramadhan di sepanjang jalan Mandailing bahkan di wilayah Tabagsel pada umumnya. Olahan makanan ini sangatlah mudah. Cukup dibakar dan dimakan dengan sambal cabe mentah. Rasa pahit dan pekat dari Pucuk Rotan inilah yang membuat para penikmatnya ketagihan untuk terus memakannya.

Read More
  • Gulai Ikan Sale

Ikan sale jika digulai sangat mudah terasa pedasnya meski ukuran cabainya dengan gulai lainnya sama, tapi pedasnya lebih dari gulai lainnya. gulai ikan sale termasuk salah satu makanan khas Mandailing. Yang menjadi khas dari makanan ini adalah dari ikan yang digunakan. Ikan yang digunakan pada umumnya adalah ikan sungai yang terlebih dahulu diasapin hingga kering.

  • Rondang Bolut (Rendang Belut)

Rondang Bolut artinya Rendang Belut, dan biasanya bahan dasar pembuatan makanan ini mengunakan sale belut (belut diasap), namun ada juga yang mengunakan belut basah. Rendang Belut rasanya agak pedas dan sangat nikmat, juga sangat mudah didapatkan di rumah makan yang ada di daerah Mandailing.

  • Sambal Tuktuk

Sambal tuk-tuk merupakan makanan tradisional khas Mandailing yang memiliki racikan sepesial dan tersendiri, sehingga memiliki rasa yang pedas dan gurih. Dimana Sambal Tuktuk sendiri merupakan sambal ulek yang dikombinasikan dengan ikan teri atau ikan asin. Biasanya, Sambal Tuktuk mengunakan cabai hijau dan cabai rawit sehingga memiliki citarasa yang sangat pedas. Sambal Tuktuk ini cocok dipadukan dengan sayur rebus seperti Sayur Bolgang dan lainnya.

  • Gule Asam Pade

Berikutnya ada gule asam pade. Gule ini terbuat dari ikan jenis apa saja yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas mandailing tanpa menggunakan santan melainkan menggunakan air biasa. Rasa pedas dan asam merupakan ciri khas gule ini sehingga menghasilkan rasa gurih di lidah.

  • Sambal Joruk Ikantori (Sambal Teri dengan campuran Durian yang difermentasi)

Sambal yang satu ini adalah makan khas suku mandailing yang benar-benar unik. Sambal joruk ikantori ini adalah sambal yang bahan utamanya adalah teri dan durian. Sambal joruk ikantori merupakan makanan yang memiliki campuran rasa pedas dan asam. Cara memasaknya sama seperti cara memasak sambal teri pada umumnya, bedanya di sini ditambahkan buah durian yang sudah difermentasikan. Rasanya ngangenin lho!

Duh nikmatnya, jadi ngiler melihat semuanya, tertarik gak sih untuk mencicipinya? (WM)

Related posts