Syahnan Pasaribu Curhat Soal Sejumlah Titik Jalan di Madina “Kupak Kapik”

Jalan 'kupak-kapik' di dekat Balai Desa Batanggadis Jae, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Madina. fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Asisten l Pemkab Madina mewakili Bupati Madina mengungkapkan curahan hati (curhat) menyangkut sejumlah titik kondisi jalan rusak di Mandailing Natal.

Hal Ini disampaikan Asisten l Pemkab Madina Syahnan Pasaribu mewakili Bupati Madina di luar teks dalam suatu acara desa binaan di desa Batang Gadis Jae, Selasa (1/11/2022).

Menurutnya, kondisi jalan ‘kupak-kapik’ menuju Batanggadis Jae, Kecamatan Panyabungan Barat, dan di beberapa kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal cukup memprihatinkan.

“Terus terang, jalan ke desa ini belum mulus. Dibutuhkan upaya kerja keras mengatasinya,” ujar Syahnan Pasaribu saat evaluasi Desa Batanggadis Jae kategori tertib administrasi tingkat Sumut dihadiri lima personel dari Tim Evaluasi Provinsi.

“Madina tergolong luas, terluas kedua di Sumut setelah Langkat. Luas Madina 6.628 km2, yang terdiri dari 8,4% Sumut,” ujar Syahnan yang berbicara mewakili Bupati Madina.

Dalam pidato tertulis di luar teks, Syahnan mengungkapkan, kondisi jalan di sejumlah ruas jalan Madina sangat kontras dengan kondisi Sumatera Barat yang umumnya mulus.

“Kita tahu persis, begitu melewati Sumatera Barat memasuki Madina. Kita tahu sudah memasuki Madina, bergoyang. Terus terang, kita malu,” katanya.

Read More

Persoalannya, lanjut Syahnan, ini karena keterbatasan anggaran. “Jalan kabupaten di Madina 1.800 km, yang diperbaiki sekira 50 persen yang sebagian sudah rusak,” ujarnya.

Untuk percepatan penanganan peningkatan kualitas jalan di Madina, lanjut Syahnan, kita butuh uluran tangan dari Pemprov Sumut, sehingga persoalan ketimpangan pembangunan khususnya jalur transportasi darat antara pantai timur Sumut dan pantai barat tidak makin melebar.

“Selanjutnya, pembangunan dan penanganan infrastruktur jalan antara Kab. Madina sebagai daerah perbatasan Sumut dengan Sumbar berjalan beriringan,” ujar Syahnan Pasaribu. (Syahren)