3 Tahun Merasa Menderita, Warga Bulu Mario Curhat ke BAGUSI

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Warga Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, terang-terangan mengutarakan penderitaan yang dirasakan selama tiga tahun terakhir ini, kepada pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Gus Irawan Pasaribu-Jafar Syahbuddin Ritonga.

Penderitaan yang dirasakan selama tiga tahun terakhir itu diutarakan warga Desa Bulu Mario kepada paslon nomor urut 1, Bersama Gus Irawan dan Syahbuddin (BAGUSI) di sela pertemuan silaturahmi di kediaman salah satu warga Desa Bulu Mario, Selasa (8/10/2024) sore.

“Kami warga Desa Bulu Mario dalam beberapa tahun terakhir ini kerap ditimpa musibah. Dan sekitar seminggu ini tali air kami rusak, salah satunya karena faktor cuaca,” ungkap tokoh masyarakat Bulu Mario, Jarumambe Siregar dalam silaturahmi yang dihadiri Gus Irawan Pasaribu, Jafar Syahbuddin Ritonga dan Bupati Tapsel dua periode, Syahrul M Pasaribu.

Menurutnya, sekitar 80 persen masyarakat Desa Bulu Mario menggantungkan hidup dari bertani sehingga keberadaan tali air yang berfungsi dengan baik sangat dibutuhkan.

“Kami yang bertani ini sudah seringkali gagal berusaha. Sudah seringkali kami menangis karena ini Tolong kepada Pak Gus Irawan Pasaribu dan Pak Jafar Ritonga agar ini diperhatikan, sebab sekitar 80 persen masyarakat Bulu Mario bergantung hidup dari bertani yang membutuhkan tali air,” ungkapnya.

Senada diungkapkan tokoh masyarakat lainnya, Maramalim Siregar. Menurut dia, dalam tiga tahun belakangan, Desa Bulu Mario tidak diperhatikan salah satunya dari ruas jalan.

“Sebelum bupati yang tiga tahun ini, atau tepatnya dengan Bupati Syahrul M Pasaribu, kita masyarakat Desa Bulu Mario selalu diingat, diperhatikan. Buktinya Syahrul kerap kali mengunjungi kita di desa ini. Karenanya mari kita perhatikan bapak Syahrul dan Gus Irawan di pemilihan ini untuk mem BAGUSI Tapsel, membenahi jalan dan infrastruktur kita,” tuturnya.

Read More

Sedangkan Mara Dalimunte menyebut Desa Bulu Mario ini kesayangan Syahrul M Pasaribu, dan Syahrul Pasaribu pun anak kesayangan masyarakat Bulu Mario.

“Untuk itu mari kita bersatu padu memenangkan Gus Irawan. Gus Irawan ini adik dari Syahrul, sehingga perhatian keduanya kepada kita tidak akan jauh berbeda,” imbuhnya.

Di kesempatan itu, Syahrul Pasaribu mengutarakan, sekitar 2 minggu lalu baru berkunjung ke Desa Bulu Mario untuk menghadiri pengajian.

“Di situ saya bilang dalam waktu dekat Gus Irawan akan datang. Dan hari ini janji itu terealisasi dengan Gus berada di tengah-tengah kita,” ujarnya disambut tepuk tangan dari masyarakat.

Syahrul menekankan bahwa Gus Irawan ini ‘turun gunung’ ke Tapsel untuk menyahuti keluhan-keluhan warga terutama di Bulu Mario ini.

“Kalau soal pembangunan, warga menjadi saksi apa yang telah saya lakukan selama dua periode memimpin. Dan ini Insyaallah akan dilanjutkan oleh Gus Irawan dengan doa dan dukungan dari masyarakat. Tapsel ini kita yakini bangkit dengan kepemimpinan Gus Irawan dan Jafar Syahbuddin Ritonga,” ujarnya.

Catatan Bagi Gus Irawan

Menanggapi harapan dan keluhan masyarakat Desa Bulu Mario, Gus Irawan menyebut sudah mencatatnya di dalam hati. Soal kerusakan tali air, kata dia, seharusnya sudah dianggarkan dalam APBD.

“Sudah ku catat di hati, yang pertama soal kerusakan tali air, Di APBD harusnya memang ada dana bencana alam di biaya tak terduga. Ini akan kita coba diskusikan dengan Plt Bupati Tapsel, dan ke anggota dewan akan kita dorong untuk ikut mengawalnya. Karena di DPR yang sudah dilantik ini semuanya kawan-kawan kita,” tukas Gus Irawan.

Mengenai infrastruktur lain seperti jalan, Gus Irawan kemudian menanyakan kepada warga bagaimana kondisi jalan sewaktu Syahrul M Pasaribu menjadi Bupati Tapsel.

“Sewaktu bang Syahrul memimpin dua periode, bagus kah kepemimpinan nya?” tanya Gus Irawan yang serentak dijawab bagus oleh warga.

“Lebih bagus Bang Syahrul atau yang tiga tahun ini?” tanya Gus Irawan lagi yang kemudian disahuti oleh oleh warga bahwa kepemimpinan Syahrul yang lebih baik.

“Insyaallah pondasi yang dibangun bang Syahrul lalu diabaikan oleh yang sebelum ini, akan kita BAGUSI agar Tapsel bangkit. Dan Insyaallah, kita, Gus Irawan dan Jafar Syahbuddin Ritonga bisa lebih bagus lagi dari kepemimpinan bang Syahrul, karena kita juga belajar dari beliau,” kata mantan Dirut Bank Sumut 3 periode ini.

Gus Irawan pada kesempatan itu tidak mau mengumbar banyak janji, namun dengan pengalaman selama tiga periode menjabat DPR RI dan jaringan yang dimiliki, dirinya bersama Jafar akan memberdayakan semua elemen untuk mem BAGUSI Tapsel.

“Saya sudah tiga periode di DPR RI. Namun di periode ketiga ini, harusnya saya dilantik pada 1 Oktober lalu. Tapi demi Tapsel, demi untuk membagusi yang belum bagus, untuk membangkitkan Tapsel, saya mundur dari DPR RI dan ikut pemilihan di Tapsel. Lebih dari setengah yang dilantik di DPR RI, itu teman saya, terlebih pada 20 Oktober ini Presiden terpilih, Presiden kita Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra, akan dilantik. Insyaallah kita akan mudah meminta bantuan ‘kue pembangunan’ dari pusat ke Tapsel, lalu ke Bulu Mario,” pungkasnya. (r)

Related posts