Gong Xi Fa Cai, Keramas dan 14 Hal yang Dianggap Tabu saat Imlek

Selamat Merayakan Hari Raya Imlek 2020 (foto: istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Jakarta – Setiap Imlek selalu disambut dengan tradisi sendiri untuk memastikan kebahagiaan dan keberuntungan selalu hadir sepanjang tahun.  

Dikenal sebagai Festival Musim Semi, perayaan tahun baru Cina dimulai pada hari sebelumnya, dan berlangsung hingga hari kelima belas tahun baru. Selama perayaan, ada beberapa hal tabu yang harus dijauhi agar terhindar dari nasib buruk selama setahun.

Berikut 10 hal tabu yang dilarang saat Imlek, seperti dilansir dari laman Mirror.co.uk. Sebagian bisa dilakukan, tapi sebagian lagi mungkin agak sulit.

1. Sarapan bubur

Bubur bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan tinggi serat makanan, tetapi Anda harus melewatkannya pada hari pertama tahun baru. Secara tradisional, orang-orang diperingatkan untuk tidak makan bubur karena dikaitkan dengan menjadi miskin-sesuatu yang banyak orang sebagai pertanda.

2. Mencuci

Ini hari suka cita, jadi abaikan tumpukan pakaian kotor di rumah Anda. Orang yang merayakan Imlek tidak mencuci pada hari pertama dan kedua. Alasannya, dua hari ini dirayakan sebagai ulang tahun Shuishen atau Dewa Air.

Read More

3. Minum obat

Minum obat pada hari pertama tahun lunar berarti tidak hanya Anda akan sakit selama satu tahun penuh. Tidak hanya ini sangat tidak menyenangkan bagi Anda, tetapi mungkin tidak akan membuat Anda tidak disukai bos Anda. 

4. Keramas

Anda tidak boleh mencuci rambut atau keramas pada hari pertama tahun lunar. Sebab, rambut dalam bahasa Cina memiliki pengucapan dan karakter yang sama dengan “facai” yang berarti menjadi kaya. Jadi, kalau Anda keramas dianggap sebagai mencuci kekayaan.

5. Menggunakan benda tajam

Menggunakan pisau dan gunting tidak diperbolehkan karena dikaitkan dengan hilangnya kekayaan. Setiap kecelakaan yang terjadi saat itu dianggap menyebabkan hal-hal yang tidak menguntungkan, termasuk memotong kekayaan.

6. Menyapu

Hal tabu lain saat perayaan Imlek adalah membersihkan rumah atau menyapu. Alasannya, jika Anda menyapu pada hari itu maka kekayaan Anda akan tersapu juga.

7. Tidak ada nasi

Wadah penyimpanan nasi kosong sangat dilarang saat perayaan tahun baru cina. Hal itu dianggap sebagai pertanda buruk selama periode tahun itu.

8. Memakai pakaian usang 

Jangan pernah memakai pakaian usang atau tipis karena itu dianggap dapat menyebabkan lebih banyak nasib buruk. Jadi, ini saatnya berbelanja pakaian untuk Anda dan keluarga.

9. Membunuh

Darah dianggap pertanda buruk yang akan menyebabkan kemalangan, seperti halnya luka karena benda tajam. Jadi jangan membunuh apa pun selama perayaan ini.

10. Fashion monokrom

Pakaian monokrom terlihat gaya dan mudah dipadupadankan dengan aksesori apa pun. Tapi jangan pernah mengenakannya saat perayaan Imlek. Anda harus mengenakan pakaian berwarna, terutama merah dan emas yang melambangkan suka cita dan kekayaan.  

11. Memberikan hadiah jam tangan dan pir

Jika Anda berencana memberi hadiah, pastikan Anda menghindari membeli jam, gunting, dan pir. Sebab, semuanya memiliki arti buruk dalam budaya Cina.

12. Anak menangis

Buat anak Anda bahagia, jangan sampai menangis. Tangisan seorang anak dipercaya membawa nasib buruk bagi keluarga

13. Pencurian

Ini harusnya berlaku sepanjang tahun. Tapi khusus untuk tahun baru Cina, pencurian sangat mengerikan karena diperkirakan menandakan semua kekayaan Anda akan dicuri di tahun mendatang.

14. Utang

Hindari meminjam uang pada hari perayaan Imlek. Usahakan membayar semua utang pada malam tahun baru. Tapi hati-hati, jika seseorang berutang uang kepada Anda, jangan pergi ke rumahnya untuk menagihnya. Siapa pun yang melakukannya dikatakan tidak akan beruntung sepanjang tahun.

15. Keluar rumah

Ini berlaku untuk wanita. Jika Anda meninggalkan rumah pada hari tahun baru maka akan dilanda nasib buruk sepanjang tahun. Juga, anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan mengunjungi orang tuanya, karena hal ini diyakini membawa nasib buruk bagi orang tuanya, yang menyebabkan kesulitan ekonomi bagi keluarga.(wm/Tempo.co)