Kondisi Pembelajaran Sekolah Dasar di Masa Pandemi

Ilustrasi

Oleh: Asqur Kurniawan Zega

WARTAMANDAILING.COM – Virus pandemi covid19 telah menimbulkan dampak pada perubahannya tatanan pembelajaran serta menimbulkan menurunnya pemahaman terhadap peserta didik di sekolah dasar. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam seluruh aspek kehidupan manusia.

Hal itu karena pendidikan berpengaruh langsung terhadap perkembangan seluruh aspek kepribadiaan manusia. Pendidikan adalah sebuah proses yang bertujuan memanusiakan manusia. Maksudnya, manusia mampu mengembangkan potensinya secara optimal melalui kemampuan berbahasa dan berpikir.

Pada pengertian lain, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar mengarahkan perkembangan manusia yang bertujuan mendewasakan manusia agar mereka mampu menolong dirinya sendiri. Dari pengertian lain, dapat disimpulkan bahwa manusia memerlukan pendidikan untuk kelangsungan hidupnya.

Kondisi pembelajaran sekolah dasar dimasa virus pandemi covid19 melakukan pengajaran atau pembelajaran secara online atau daring, adapun dampak positif dan negative pembelajaran online atau daring dimasa virus pandemi covid19 sekarang ini.

Dampak positifnya pembelajaran online atau daring menyadarkan peserta didik sekolah dasar potensi luar biasa internet dalam bidang pendidikan tanpa batas ruang dan waktu kegiatan pendidkan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun.

Namun, dibalik sisi positif pastilah tersimpan sisi negatif atau kemungkinan buruk bisa terjadi meskipun pembelajaran bisa dilakukan secara daring karena guru tidak bisa menjamin peserta didik nya bisa memahami materi yang disampaikan.

Kegiatan pembelajaran secara daring atau online dimana lebih banyak proses penjelasan materi dari guru terhadap peserta didik guru tidak bisa menjamin seluruh peserta didiknya bisa memahami materi yang disampaikan.

Read More

Hal itu terjadi karena terkadang sulitnya koneksi internet sehingga peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, hal itu bisa teratasi jika guru dan orang tua bekerja sama untuk mengawasi peserta didik dengan cara memberikan tugas untuk lebih memahami materi yang disampaikan dengan bantuan orang tua agar peserta didik bisa memahami materi yang telah disampaikan.

Disamping itu keberhasilan pembelajaran secara daring atau online selama masa pandemi covid19 ini kembali lagi tergantung pada kedispilinan semua pihak oleh karena itu pihak sekolah disini perlu membuat strategi dalam proses pembelajaran secara daring atau online yang baik terhadap peserta didik dan kembali lagi kepada pemantauan orang tua terhadap putra putrinya saat belajar dirumah.

Akan tetapi pembelajaran daring pada masa covid19 adalah termasuk salah satu solusi terbaik untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid19.

Tulisan ini dikirim oleh:
Nama       : Asqur Kurniawan Zega
NIM        : 20010011
Prodi      : Pai
Semester   : I A
Mata kuliah: Karya Ilmiah
Dosen      : Datuk imam Marzuki

Related posts