Mobil Listrik Pertama Turki Siap Diproduksi, Investasi Rp 51,5 T

Mobil Listrik Pertama Turki Siap Diproduksi (foto:istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Turki – Mobil listrik pertama buatan Turki, TOGG, disebut akan masuk jalur produksi pada 2022 dengan model SUV kompak.

Pemerintah Turki meluncurkan mobil listrik buatan dalam negeri dengan total investasi sekira 22 miliar lira atau Rp 51,5 triliun. Proyek ini merupakan bagian dari rencana Presiden Tayyip Erdogan dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) untuk memperkuat perekonomian negara yang terletak di kawasan Euroasia tersebut.

Turki meluncurkan mobil listrik pertama yang sepenuhnya dibuat di dalam negeri dengan target produksi 175.000 unit per tahun dalam 13 tahun ke depan. Proyek ini telah lama menjadi tujuan Presiden Erdogan yang ingin mempekuat sekaligus meningkatkan ekonomi Turki.

“Kita semua bersama-sama menyaksikan mimpi Turki yang berusia 60 tahun menjadi kenyataan,” ujar Erdogan dalam pidato peresmian seperti dikutip dari Reuters.

Erdogan juga mengatakan bahwa Turki bertujuan tidak hanya untuk menjual mobil di dalam negeri tetapi juga ingin menjadi merek global. Rencana dimulai dengan masuk ke Eropa.

“Ketika kita melihat mobil ini di jalan-jalan di seluruh dunia, kita akan mencapai tujuan kita,” ujarnya.

Seusai memberi pidato, sebuah mobil SUV merah dan Sedan abu-abu muncul di Panggung. Mobil itu menggunakan label TOGG. sebuah konsorsium yang akan memproduksi mobil listrik di Turki.

Read More

Untuk menunjang infrastruktur elektrifikasi itu, Erdogan mengatakan bahwa pengisian daya mobil listrik akan siap secara nasional pada tahun 2022.

Mobil Listrik Pertama Turki Siap Diproduksi

TOGG sendiri merupakan singkatan dari Turkey’s Automobile Initiative Group. Perusahaan ini didirikan pada pertengahan 2018 oleh lima kelompok industri, antara lain, Anadolu Group, BMC, Kok Group, Turkcell, dan Zorlu Holding.

Bos TOGG adalah mantan eksekutif Bosch, Gurcan Karakas. Sementara jabatan Chief Operating Officer TOGG dipegang oleh, Sergio Rocha, yang juga merupakan mantan CEO General Motors Korea. Mobil listrik TOGG disebut akan memulai produksi pada 2022 dengan SUV kompak.

Turki sendiri sudah menjadi eksportir otomotif ke Eropa, dengan mobil yang dibuat di dalam negeri oleh perusahaan-perusahaan seperti Ford, Fiat Chrysler, Renault, Toyota, dan Hyundai.(bs/tempo)