Kebakaran Pemukiman di Simangambat, 1 Rumah Hangus Terbakar 5 lainnya ikut Terdampak

Satu unit rumah hangus lima rumah lainnya ikut terdampak kebakaran di lorong 3, kelurahan Simangambat, kecamatan Siabu, kabupaten Mandailing Natal, Jumat (1/9/2023) fhoto: istimewa.
Satu unit rumah hangus lima rumah lainnya ikut terdampak kebakaran di lorong 3, kelurahan Simangambat, kecamatan Siabu, kabupaten Mandailing Natal, Jumat (1/9/2023) fhoto: istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Total tercatat sebanyak satu unit rumah terbakar tinggal puing dan lima rumah lainnya terdampak ikut terbakar di sebagian sisinya, peristiwa ini terjadi di lorong lll, kelurahan Simangambat, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Jumat (1/9/2023.

Informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, peristiwa kebakaran rumah padat penduduk ini terjadi saat jelang Sholat Jum’at sekira pukul 12.15 WIB.

Mengetahui ada kebakaran, dan dari kejauhan tampak kepulan asap yang tebal serta api yang sudah menjulang tinggi, sejumlah warga pun berhamburan mendatangi lokasi kejadian.

Warga pun saling bahu membahu untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya, Babinsa Koramil 12 Siabu tampak ada di lokasi untuk membantu memadamkan api, selang beberapa menit kemudian Pemadam Kebakaran datang ke lokasi untuk menjinakkan api yang sudah membara.

Salah satu pemilik rumah yang terbakar Asmar (35) menceritakan, ia bersama keluarganya saat itu sedang dirumah, Asmar berada diruang depan, Istrinya (Seri Dewi), sedang memasak di dapur.

“Awalnya saya mencium bau yang menyengat dari arah kamar, begitu sampai di kamar, saya melihat api yang sudah begitu besar dikamar,” ungkapnya terbata bata.

Dijelaskan Asmar, dalam kamar itu tidak listrik yang menyala, tidak ada alat elektronik yang aktif atau handphone yang sedang di chas dalam kamar, namun anehnya api berasal dari kamar itu.

Read More

“Saya tidak tau pasti apa pemantik yang mengakibatkan jadinya kebakaran ini, “ujarnya.

Lurah Simangambat, Iswadi Idris Situmorang S.Sos mengatakan, penyebab kebakaran belum dapat dipastikan, sebab keluarga yang ditimpa musibah ini masih syok, kita belum mendapat keterangan mengenai kerugian kebakaran.

“Bersyukur, berkat kesigapan warga yang saling bahu membahu sehingga rumah yang disampingnya dapat amankan, warga membantu mengangkat barang-barang untuk diselamatkan.

Sementara api dapat dipadamkan kurang lebih 40 menit tepatnya pukul 13.00 Wib api sudah padam, terlihat, pihak Polsek Siabu, Babinsa Koramil 12 Siabu, Petugas PLN sedang berada di lokasi untuk melakukan tugas masing-masing.

Dalam insiden kebakaran ini, satu unit rumah semi permanen dinyatakan hangus terbakar menyisakan rangka, sementara 5 rumah lainnya kena rembesan kebakaran. (Has)