Diketahui Ambil Wudhu, Seorang Lansia diduga Hanyut di Sungai Batang Gadis

Forkopincam Kotanopan sedang berada di Desa Tobang untuk melihat langsung pencarian Abdul Hakim (72) yang dilaksanakan warga setempat. fhoto : Istimewa
Forkopincam Kotanopan sedang berada di Desa Tobang untuk melihat langsung pencarian Abdul Hakim (72) yang dilaksanakan warga setempat. fhoto : Istimewa

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Tidak terlihat sejak pagi hari, seorang warga Desa Tobang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, bernama Abdul Hakim (72), diperkirakan hanyut di sungai Batang Gadis yang mengalir di belakang desa itu. Pencarian masih terus dilakukan warga bersama Forkopincam Kotanopan, namun sampai berita ini diturunkan pukul 19.30 WIB, Abdul Hakim belum ditemukan.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/12/2023), salah satunya dari Kepala Desa Tobang Unggul Saputra Lubis mengatakan, pada pagi tadi sekitar pukul 09.00 Wib, Abdul Hakim permisi kepada keluarga mau ke Masjid yang tidak jauh dari rumahnya.

Sejak saat itu, sampai pukul 17.00 Wib sore hari, Abdul Hakim tidak lagi terlihat di rumah ataupun di kampungnya. Pihak keluarga kemudian menyampaikan hal ini kepada warga dan aparat desa dan seterusnya dilakukan pencarian ke seluruh penjuru desa, namun tidak ditemukan.

“Perkiraan warga dan keluarga, Abdul Hakim hanyut terbawa arus sungai saat mengambil air wudhu atau buang air besar di sungai yang ada di belakang Masjid. Upaya pencarian saat ini masih terus dilakukan, puluhan warga Tobang dan warga desa sekitar masih terus berada di Sungai Batang Gadis untuk mencari korban”, ujar Kepala Desa Tobang.

Camat Kotanopan, Ahmad Pamilu yang dihubungi menyampaikan, dari hasil konfirmasi kepada keluarga, Abdul hakim ini diperkirakan hanyut di sungai Batang Gadis yang ada di belakang Masjid.
Saat ini, Camat dan Forkopincam lainnya sedang berada di desa Tobang untuk melihat langsung pencarian yang dilaksanakan warga.

“Apakah bapak Abdul Hakim ini hanyut atau tidak, belum bisa kita pastikan. Namun perkiraan keluarga dan warga mengatakan korban ini di duga hanyut di sungai. Kita sudah laporkan kepada Pemkab Madina agar segera menurun tim BPBD dan Basarnas untuk melakukan pencarian di sepanjang aliran Sungai Batang Gadis ini “, ujar Ahmad Pamilu Daulay

Kapolsek Kotanopan Iptu Parsaulian Ritonga mengatakan, informasinya memang ada warga desa Tobang yang hanyut yaitu seorang laki-laki berusia 72 tahun. Tapi itu belum kita pastikan, itu adalah perkiraan warga.

Read More

“ Saat ini anggota kita masih di lapangan, jadi kita tunggu dulu kepastiannya. Walaupun begitu, informasinya pencarian di aliran sungai Batang Gadis masih terus dilakukan warga, “ katanya.

Sedangkan Kepala UPT. Puskesmas Kotanopan dr. Saleh Usman Parinduri yang di hubungi mengatakan, pihaknya juga mendapat khabar ada warga yang hanyut di desa Tobang. “Saat ini mobil ambulance dari Puskesmas Kotanopan beserta tim kesehatan sudah turun ke lokasi ,” ujarnya. (Munir Lubis).