Pemilihan Pengurus OSIS SMPN 01 Kotanopan Mirip Proses Pemilu

Tampak dua siswi SMPN 1 Kotanopan memasukkan surat suara ke kotak suara yang disiapkan dalam pemilihan pengurus OSIS, Selasa (30/4/2024) fhoto : Istimewa.
Tampak dua siswi SMPN 1 Kotanopan memasukkan surat suara ke kotak suara yang disiapkan dalam pemilihan pengurus OSIS, Selasa (30/4/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Para siswa siswi SMP Negeri  01 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal melaksanakan pemilihan pengurus Organisasi Siswa  Intra Sekolah ( OSIS) untuk  masa kepengurusan 2024 -2025 dilingkungan sekolah itu,Selasa (30/04/2024).

Tidak  tanggung – tanggung, pelaksanaan pemilihan pengurus  ini dilaksanakan tidak ubahnya seperti pemilihan umum (Pemilu)  yang berlangsung baru baru ini.

Sistem ini dilaksanakan  untuk mengajari siswa dan siswi bagaimana cara  berdemokrasi yang baik. Sebab, suara demokrasi termasuk dalam satu pelajaran prima yang terdapat dalam kurikulum merdeka.

Selain itu, tahapan tahapan yang dilaksanakan juga mengajari siswa untuk menjadi pemimpin itu harus ada  proses yang harus di laksanakan.

Kepala Sekolah SMPN 01 Kotanopan, Pargugunan melalui pembina OSIS , Asliamni mengatakan, pemilihan pengurus OSIS ini sengaja dilaksanakan menyerupai pemilihan umum yang di laksanakan KPU.
Selain ada tahapan yang harus di laksanakan, juga ada panitia pemilihan, kertas suara, bilik suara, kotak suara dan tinta.

Dikatakan,tujuannya tidak lain mengajari siswa dan siswi  tentang bagaimana cara  berdemokrasi yang baik.

Selain itu, pemilihan ini juga berkaitan dengan pelajaran yang ada  dalam kurikulum  merdeka.

Read More

“Jadi ini praktek langsung yang dilaksanakan. Siswa/i diharapkan tahu bagaimana cara pemilihan dan tahapan tahapan yang harus dilalui dalam suatu pemilihan umum, “ujar Asliamni.

Ia menjelaskan, pemilihan pengurus OSIS  ini untuk periode  2024-2025. Sedangkan kandidat yang mendaftar ada  dua pasangan, yaitu nomor urut 01 pasangan Feby Amalina dan Ahmad Zakaria. Sedangkan pasangan nomor urut 02 Arkharidho dan Fahri Yakuf.

Pantauan di lapangan, pemilihan pengurus OSIS ini berjalan baik dan lancar .Prosesi pemilihan pengurus OSIS ini diikuti seluruh siswa/i .

Setelah duduk di tempat antri yang telah di sediakan, para siswa mendaftar untuk memperoleh kertas suara.

Setelah itu siswa/i menuju bilik suara untuk melaksanakan pencoblosan. Kemudian kertas suara baru di masukkan ke kotak suara dan menandai jari tangan dengan tinta .

Setelah dilaksanakan perhitungan suara, nomor urut 01 pasangan Feby Amalina dan Ahmad Zakaria meraih 168 suara, sedangkan pasangan nomor urut 02 Arkharidho dan Fahri Yakuf meraih 59 suara dan suara tidak sah sebanyak 14 suara.(Munir Lubis).