Tahun 2024, Madina Akan Berangkatkan 776 Jemaah Calhaj Dalam 3 Kloter

Suasana pemberangkatan jemaah calon haji asal Kabupaten Mandailing Natal pada musim haji tahun 2023 lalu dari Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Kecamatan Panyabungan. Dok : Munir Lubis / Wartamandailing.
Suasana pemberangkatan jemaah calon haji asal Kabupaten Mandailing Natal pada musim haji tahun 2023 lalu dari Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Kecamatan Panyabungan. Dok : Munir Lubis / Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Untuk musim haji tahun 2024 ini, Kabupaten Mandailing Natal akan memberangkatkan 776 jemaah calon haji (calhaj). Calon haji itu tergabung dalam tiga kelompok terbang (kloter) atau tiga kali pemberangkatan.

Hal ini diketahui setelah Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara mengeluarkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Embarkasi Medan tahun 1445 H/2024 M.

Dalam jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Embarkasi Medan tersebut, para jemaah calon haji asal Kabupaten Mandailing Natal masuk di kloter 3 sebanyak 360 jemaah, kloter 15 sebanyak 360 jemaah dan untuk kloter 21 sebanyak 56 jemaah.

Plt. Kakan Kemenag Madina H. Armen Rahmat Hasibuan melalui Kepala Seksi Haji dan Umroh Irfansyah Nasution yang dihubungi, Selasa (30/4) membenarkan tentang jadwal tersebut.

“Benar, tahun ini ada tiga jadwal keberangkatan untuk jemaah calon haji asal Kabupaten Mandailing Natal, yaitu untuk kloter 3 Embarkasi Kualanamu Medan berangkat pada 13 Mei 2024 dari Mandailing Natal menuju Asrama Haji Medan. Setelah dikarantina, Calhaj akan terbang dari Bandar udara Kualanamu Medan tanggal 15 Mei 2024 menuju Madinah Saudi Arabia ,” ucapnya.

Sedangkan para jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter 15 katanya, akan diberangkatkan dari Mandailing Natal pada tanggal 27 Mei 2024. Masuk asrama tanggal 28 Mei dan akan terbang ke Saudi Arabia tanggal 29 Mei 2024.
“ Untuk kloter 21 diberangkatkan tanggal 3 Juni dari Mandailing Natal menuju Asrama Haji Medan dan akan terbang tanggal 5 Juni 2024 dari Embarkasi haji Kualanamu Medan menuju Saudi Arabia”, ujar Irfansyah Nasution.

Irfansyah Nasution berpesan agar masing- masing jemaah calon haji tetap menjaga kesehatan dan kekompakan. Terkait fasilitas calon jemaah haji asal Madina, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal akan membiayai perjalanan, bus, konsumsi dan lainnya. Sedangkan di Asrama Haji Medan fasilitas yang dibutuhkan nantinya akan diorganisir oleh panitia haji. (Munir Lubis).

Read More