Bawaslu Tapsel di Harapkan Konsisten Seleksi Panwascam

Ketua Kesatuan Masyarakat Peduli Lingkungan Tabagsel-Sumut, Asmar Husin Rangkuti.(foto:sidaknews)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli selatan – Proses seleksi panita pengawas Kecamatan yang berlangsung di gedung SMK I Batang Angkola, Jumat (13/12) kemarin. Mendapat sorotan dari berbagai pihak, salah satunya ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di harapkan jangan lemah dan terpengaruh dengan hubungan personal berkaitan dengan proses seleksi tersebut hal itu diutarakan Ketua Kesatuan Masyarakat Peduli Lingkungan Tabagsel-Sumut, Asmar Husin Rangkuti.

Karena menurutnya hal itu sudah jelas di atur dalam UU NO 7 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan pemilu, untuk menjadikan pengawas pemilu Kecamatan yang jujur, adil, berintegritas serta transparansi dalam menegakkan pemilu yang damai, aman, serta bermartabat, “terangnya.

Berkaitan dengan hal tersebut Asmar menghimbau sekaligus menekankan kepada Komisioner Bawaslu Tapanuli Selatan untuk lebih mendahulukan kualitas para calon Panwascam di Kabupaten Tapanuli Selatan dari pada kepentingan dan mencegah terjadinya suap dalam penetapan pemenanganan Panwascam,” katanya.

Sesuai hasil keputusan Bawaslu RI, pada hari, Jumat (13/12) tahapan seleksi Panwascam mulai dilaksanakan dimulai dari ujian CAT, dan Bawaslu Kabupaten Tapsel mengadakannya di Gedung SMK Negeri 1 Batang Angkola. Diikuti para calon pengawas pemilu kecamatan se Kabupaten Tapanuli Selatan dan wawancara akan dilaksanakan Sabtu (14/12) kemarin di tempat yang sama.

Asmar juga menuturkan karena proses seleksi dalam kelulusan ini berharap pihak Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan tidak ternodai dengan hubungan kedekatan kekeluargaan dan persaudaraan serta permainan suap untuk memenangkan para calon.


Untuk itu pihaknya menyatakan sikap, apabila nanti di temukan terjadinya suap di Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan dalam memenangkan calon Panwascam maka kami tidak akan segan-segan menuntut dan melaporkan kepada pihak Instansi yang berwenang.


Harapannya agar DR Syaifuddin Simbolon M.Ag selaku Ketua Bawaslu Tapanuli Selatan untuk lebih mementingkan kualitas para calon-calon Panwascam dan tidak cengeng, lemah ‘syahwat’ serta lemah mental dalam menetapkan keputusan dalam pemenangan calon yang memang unggul, dan mengajak Ketua Bawaslu Tapsel mengesampingkan tekanan-tekanan dari luar, pungkasnya.(BS/sidaknews)

Read More