WARTAMANDAILING.COM, Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 dan Liga 2 berkirim surat kepada PSSI. Di dalamnya ada usulan terkait penghentian kompetisi musim ini dan juga penjatahan hak komersial.

PT LIB mengusulkan kepada PSSI untuk lebih cepat mengumumkan penghentian kompetisi musim ini. Mereka mengajukan itu berdasarkan aspirasi dari klub-klub yang mereka kumpulkan sebelumnya.

“Hasil masukan pada umumnya menyarankan kompetisi tahun 2020 untuk tidak dilanjutkan/dihentikan,” demikian kutipan surat PT LIB kepada PSSI yang ditandatangani Direktur Cucu Somantri.

Cucu yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, dalam surat tersebut melampirkan data responden sebagai bukti. Alasan mereka kebanyakan karena belum adanya penyampaian dari pemerintah terkait kapan berakhirnya pandemi virus corona.

PSSI menolak usulan tersebut. Mereka masih tegas dalam pendirian sebelumnya, dengan dua opsi. Pertama kompetisi dilanjutkan kembali pada 1 Juli 2020 jika pemerintah mencabut status Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona pada 29 Mei 2020.

Jika nantinya status KLB Virus Corona diperpanjang, baru opsi kedua diambil. PSSI akan menghentikan total kompetisi musim ini, dan bersiap untuk tahun selanjutnya.

“Mengenai kelanjutan pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2, PSSI tetap berpedoman pada Peraturan Kesehatan dan Status Tanggap Darurat COVID-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia,” demikian balasan surat PSSI kepada PT LIB yang ditandatangani Plt Sekretaris Jenderal, Yunus Nusi.

Sumber: VIVA.co.id