Saluran Irigasi Tersumbat, Ribuan Hektar Sawah di Madina Nganggur

Saluran sekunder kanan irigasi batang gadis di Madina tersumbat, (fhoto : Syahren)
Saluran sekunder kanan irigasi batang gadis di Madina tersumbat, (fhoto : Syahren)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Para petani di Madina khususnya di kecamatan Panyabungan dan Panyabungan Utara dibuat pusing dalam satu tahun terakhir ini, masalahnya, saluran sekunder kanan irigasi Batang Gadis tersumbat secara misterius usai pembersihan saluran beberapa bulan yang lalu.

Akibatnya, ribuan hektar lahan pertanian di dua kecamatan tersebut menganggur. Pasokan air tidak ada praktis para petani tidak bisa melakukan penanaman dan kolam warga kering.

Batubara mengatakan, tersumbatnya saluran irigasi terjadi usai pembersihan sedimen di saluran irigasi beberapa bulan yang lalu, saluran tersumbat akibat banyaknya sampah berupa batang kayu nyangkut di dalam gorong gorong yang berada dibawah aliran aek pohon tersebut.

Akibat kejadian ini, dirinya bersama warga lainnya hanya bisa pasrah, karena lahan tak bisa ditanami dan kolam ikan mereka kering. hal ini tentu berdampak terhadap penghasilan para petani.

“Kami berharap dinas terkait untuk turun mengecek saluran tersumbat dan segera dapat diperbaiki agar kami para petani bisa kembali bercocok tanam.”tutupnya.

(Syahren)

Read More