Tanggul Irigasi Jebol, 2.000 Hektare Sawah di Simangambat Terdampak

Tanggul irigasi Batang Angkola jebol, sampai saat ini 100 Ha lahan persawahan di Kel. Simangambat, Kec. Siabu, tidak bisa turun tanam musim ini dan akibatnya 2.000 Ha terdampak. fhoto : istimewa.
Tanggul irigasi Batang Angkola jebol, sampai saat ini 100 Ha lahan persawahan di Kel. Simangambat, Kec. Siabu, tidak bisa turun tanam musim ini dan akibatnya 2.000 Ha terdampak. fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Camat Siabu Syukur Soripada Nasution meminta Petugas Pembantuan Operasi dan Pemeliharaan (TPOP) Saluran Irigasi di Dinas PSDA Provinsi Sumatera Utara untuk segera menangani kerusakan jaringan irigasi Batang Angkola agar pasokan air untuk masyarakat petani di wilayah kecamatan Siabu dapat terpenuhi.

“Kita berharap, tanaman padi masyarakat kita bisa tumbuh baik, tidak gagal panen,” ujar camat Siabu menjawab wartawan melalui sambungan telepon seluler, Jumat (24/2/2023).

Syukur Soripada Nasution mengungkapkan, akibat jebolnya tanggul irigasi Batang Angkola sampai saat ini 100 Ha lahan persawahan di Kel. Simangambat, Kecamatan Siabu, tidak bisa turun tanam musim ini meliputi 170 KK dan terdampak 2.000 Hektare

Dijelaskannya, pihak kecamatan sudah melakukan survei ke lokasi akibat irigasi Batang Angkola jebol beberapa hari lalu. Mereka melihat, dampak yang ditimbulkan sangat luar biasa.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (Ijeck) berjanji membantu memperjuangkan penderitaan petani Siabu dan petani Panyabungan sekitarnya.

Petani Siabu dan petani Panyabungan menderita karena areal pertanian kekurangan air. Tentu saja, aktivitas bertani terganggu dan petani menderita.

Saluran irigasi Batang Angkola di Desa Aek Badak Jae, Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan jebol menghambat aktivitas petani di Kec Siabu. Sedangkan sipon kanan irigasi Batang Gadis di Madina amblas membawa imbas mengganggu aktivitas petani Panyabungan sekitarnya.

Read More

“Iya, itu kita dorong harus diperbaiki, Gubsu harus intens Saya sebagai Wagubsu akan mengecek apakah sudah ada surat masuk perbaikan irigasi.”ujar Wagubsu Musa Rajekshah dicegat usai konsolidasi dengan DPD Partai Golkar Mandailing Natal di kantor Golkar di Kel Pidoli Dolok, Panyabungan, Kamis (23/2/2023).

Kata Ijeck, dia sebagai Wagubsu akan mendorong untuk secepatnya irigasi itu segera diperbaiki, akan dicek dulu seperti apa suratnya.(Syahren)