Rahmat Rayyan Nasution Serahkan Bantuan Pertanian Kepada 40 Kelompok Tani

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmat Rayyan Nasution usai menyerahkan bantuan alat pertanian dilanjutkan dengan sesi poto bersama, Kamis (6/7/2023) fhoto : Warta Mandailing.
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmat Rayyan Nasution usai menyerahkan bantuan alat pertanian dilanjutkan dengan sesi poto bersama, Kamis (6/7/2023) fhoto : Warta Mandailing

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Dalam kesempatan kegiatan sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan di Kelurahan Pasar Kotanopan, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal pada Kamis (06/07/2023), anggota DPRD Propinsi Sumatera Utara Rahmat Rayyan Nasution turut menyerahkan bantuan berupa mesin alat pertanian, pupuk dan bibit kepada 40 kelompok tani di wilayah itu.

Bantuan ini berasal dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara guna untuk meningkatkan hasil pertanian di wilayah Mandailing Natal. Sedangkan bantuan dari Dinas Pertanian Mandailing Natal, awalnya akan diserahkan oleh Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Azmi Utammi Nasution, namun dikarenakan ada rapat penting di perkantoran Payaloting Panyabungan, Wakil Bupati tidak bisa hadir.

Bantuan ini langsung diserahkan perwakilan Dinas Pertanian di dampingi Rahmat Rayyan Nasution kepada kelompok tani yang terdapat di Kecamatan Kotanopan. Kemudian sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penyebarluasan Ideologi Pancasila kepada masyarakat serta dalam rangka memperkokoh wawasan kebangsaan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kotanopan Pangeran Hidayat, mewakili Danramil 014 Kotanopan, mewakili Kapolsek Kotanopan, Korwil Pendidikan Wilayah VIII Hj. Wahdeni Nasution, Lurah Kotanopan M.Arjun Nasution, pengurus BKMT Kotanopan,para kepala desa, ketua dan anggota kelompok tani, tokoh masyarakat dan ratusan warga sekitar Pasar Kotanopan.

Sebelum acara penyerahan bantuan, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan sosialisasi dengan menghadirkan dua nara sumber, masing-masing Budi Parlindungan dan Helmi Agusra Nasution. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian aspirasi oleh warga terkait pengusulan pembangunan dan pengadaan bibit pertanian dan perbaikan kualitas pendidikan di Kabupaten Mandailing Natal.

Rahmat Rayyan Nasution dalam kesempatan itu menyampaikan, kedatangannya ke tempat kelahirannya ini untuk kegiatan sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan sekaligus silaturrahmi dengan warga Kelurahan Pasar Kotanopan. Selain itu, untuk menyahuti dan menampung berbagai aspirasi berkembang ditengah-tengah masyarakat.

“Melalui kegiatan sosialisasi dan silaturrahmi ini, saya dapat bertatap muka dan berdialog langsung dengan masyarakat serta bisa mengetahui lebih jauh tentang kondisi masyarakat, sehingga dapat mengoptimalkan berbagai program pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang wilayah di daerah ini.”ucap anggota DPRD asal Sumut VII tersebut.

Read More

Dalam pertemuan ini Rahmat dapat melakukan tanya jawab serta menampung berbagai aspirasi, harapan maupun usulan dari masyarakat agar dapat difasilitasi maupun dijembatani ke pemerintah Propinsi Sumatera Utara maupun ke Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Sementara dua nara sumber dalam sosialisasi itu, masing-masing Budi Parlindungan dan Helmi Agusra Nasution memaparkan bahwa pancasila sebagai landasan idiologi dan menjadi dasar bagi memantapkan pemahaman konsepsi wawasan kebangsaan.

“Pancasila yang dibuat sebagai dasar negara juga dibuat untuk menjadi tujuan negara dan cita-cita bangsa. Kita sebagai bangsa Indonesia haruslah mengidamkan sebuah negara yang punya Tuhan yang Esa, punya rasa kemanusiaan yang tinggi, bersatu serta solid, selalu bermusyawarah sehingga munculnya keadilan sosial,” terang Helmi Agusra Nasution.

Dalam kesempatan pertemuan itu, terlihat antusias masyarakat mengikuti acara ini cukup besar. Ini terlihat dari banyaknya usulan disampaikan masyarakat baik menyangkut kebutuhan pertanian dan kehutanan, kemajuan bidang pendidikan di tahun-tahun mendatang. Usulan ini diharapkan dapat ditampung dan diperjuangkan di APBD Provinsi untuk direalisasikan nantinya.

M. Yusuf Lubis, salah seorang perwakilan kelompok tani dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang telah membantu pengadaan pupuk, bibit dan dan mesin pertanian kepada petani.

“Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada anggota DPRD Sumut Rahmat Rayyan Nasution yang begitu peduli terhadap petani di daerah ini. Alhamdulillah, berbagai aspirasi terkait keluhan petani di daerah ini berhasil dijembatani, sehingga puluhan kelompok tani mendapatkan bantuan dari pemerintah.”ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan alat pertanian, dalam kesempatan kunjungan itu Rahmad Rayyan Nasution didampingi Lurah Pasar Kotanopan M. Arjun Nasution, tokoh masyarakat Aspan juga menyerahkan bantuan kepada anak yatim yang ada di kelurahan Pasar Kotanopan.(M.Lubis)