Beredar di Tik Tok Gedung SD Sialang Napa, di Kecamatan Dolok Memprihatinkan

Gedung SDN 404 di Dusun Bulung Gadung, Desa Bronjong, Kecamatan Muara Batang Gadis Memprihatinkan, fhoto : tanggapan layar dari tik tok Bustaman Perwira Siregar.
Gedung SDN 404 di Dusun Bulung Gadung, Desa Bronjong, Kecamatan Muara Batang Gadis Memprihatinkan, fhoto : tanggapan layar dari tik tok Bustaman Perwira Siregar.

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas Utara – Kondisi bangunan SD 101970 di Sialang Napa, Desa Singanyal, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara sangat memprihatikan.

Berdasarkan unggahan @Bustaman Perwira Siregar di akun tik tok, sekolah tersebut mirip seperti kandang lembu, dinding ala kadarnya, tak ada jendela apalagi sejenis jendela kaca.

“Woi SD kalian ada AC nya lantainya di semen dan keramik, temboknya bagus kemudian ruangannya banyak, “mana paten, kayak SD kami lah, biar paten, Alhamdulillah lantainya tanah nggak perlu alat pel dan ngak usah di pel, “ujarnya Sabtu (30/9/2023).

Kemudian lanjut Bustaman, bangku-bangku dan meja di sekolah ini juga dibuat panjang-panjang, kalau di SD kalian kan bangku dan mejanya satu-satu, mana keren.

“Kalau di sekolah ini bangku dan mejanya di pake siswa rame-rame, ini baru paten biar bisa menjaga kebersamaan dengan kawan-kawannya, ini baru keren, “ujar @Bustaman yang disambut gelak tawa anak-anak di sekolah itu.

Fhoto menunjukkan, bangku dan meja panjang tampak berjejer di ruangan gedung sekolah itu.

Apalagi dindingnya, sambil menunjuk ke arah dinding kayak gini lah, “berlobang lobang, kondisi seperti ini sekolah tidak susah lagi dengan biaya pengadaan AC seperti itu, “ungkapnya sambil diketawain anak anak.

Read More

Dijelaskan pembatas ruangan hanya sekedar saja dan bisa melihat ke lokal yang disebelahnya, sementara bangku gurunya hanya kayu biasa dengan rakitan kampung, “biar gurunya ngak pergi pergi, “ujarnya sambil menggoyang meja dan kursi guru yang dijadikan satu itu.

Nah sementara kita lihat di ruangan berikutnya, pintunya pun keren, nggak bisa dibuka tutup karena engselnya rusak, selain itu meja dan bangku sama halnya dengan di ruangan lain panjang-panjang.

“Jadi siswa dan guru nggak capek lagi buka dan tutup pintu, untuk meja dan bangku persis seperti odong-odong, “jelasnya.

Dalam postingan Tik tok @Bustaman Perwira Siregar dengan judul disinilah generasi penerus bangsa di didik, masih ada SD Negeri Sekeren dan se paten ini. Video ini ditanggapi 10.1K dan 1099 komentar serta dibagikan 877 Nitizen.

“Ini baru tamparan keras buat pemerintah, komplain tapi beradab, PR ini buat pemerintah, semangat pak “tulis @baom-26.

“Dimanakah anggaran pendidikan yang sangat luar biasa besarnya??? haruskah adek-adek kami mengenyam pendidikan dengan tempat seperti itu, “tulis @Keenan.

“Adek-adek kayak gitu aja kelasnya bahagia, gimana kalau dapat kelas yang lebih baik, semoga bisa cepat diperbaiki sekolahnya, “pinta @Siska Rustam. (Has)