Pakai Aplikasi BRIMerchant Solusi Memantau Usaha Lebih Gampang

Rian Darmawan Pemimpin Cabang Bank BRI Panyabungan, Senin (30/10/2023) di ruang kerjanya. fhoto : Wartamandailing.
Rian Darmawan Pemimpin Cabang Bank BRI Panyabungan, Senin (30/10/2023) di ruang kerjanya. fhoto : Wartamandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Memantau usaha dan transaksi keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi pengusaha agar bisnis dapat berjalan lancar dan terhindar dari resiko kerugian.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kini telah ada aplikasi BRIMerchant yang dapat menjadi solusi yang tepat bagi para pengusaha yang memiliki rekening di Bank BRI, agar bisnis dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Hal ini disampaikan Pemimpin Cabang Bank BRI Panyabungan Rian Darmawan kepada Warta Mandailing, Senin (30/10/2023) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, Aplikasi BRIMerchant adalah aplikasi one stop app solution yang menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan para pelaku usaha atau “Merchant” dalam memantau usaha melalui BRIMerchant.

Berikut panduan memantau usaha melalui BRIMerchant, tahap awal, BRIMerchant dilengkapi dengan tiga fitur utama, yaitu monitoring detail transaksi, download laporan settlement, dan user management.

Fitur pertama adalah monitoring detail transaksi.

Read More

Dengan adanya fitur ini, para pelaku usaha baik UMKM maupun bisnis skala besar bisa dengan mudah melihat riwayat transaksi dari setiap mesin EDC/QRIS secara harian dengan kurun waktu 3 bulan terakhir.

Tidak hanya itu, pelaku usaha atau “Merchant” juga bisa melihat dan membagikan rincian transaksi yang berupa digital sales draft dari mesin tersebut.

“Dengan fitur ini, para merchant dapat memantau secara real-time transaksi yang terjadi di bisnis mereka, “ujar Rian Darmawan.

Fitur kedua adalah download laporan settlement.

Dalam fitur ini, para merchant dapat melakukan download laporan transaksi per-MID secara harian maksimum dalam kurun waktu 1 bulan.

“Para merchant dapat memiliki catatan yang lengkap mengenai transaksi yang terjadi untuk para pelaku usaha, laporan settlement ini juga dapat digunakan sebagai referensi dalam pembuatan laporan keuangan, “ujarnya.

Fitur ketiga adalah user management.

Dalam fitur ini, pemilik merchant sebagai super admin dapat melakukan pengaturan terhadap user meliputi perambahan user, pemberian akses user, mengubah status user serta menghapus user.

“Dengan fitur ini, para merchant dapat mengatur akses pengguna aplikasi BRIMerchant sehingga hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses informasi mengenai bisnis terkait, “kata Rian Darmawan.

Selain tiga fitur utama tersebut, aplikasi BRIMerchant juga menyediakan fitur lain seperti notifikasi transaksi, top up saldo e-money, dan layanan costumer service.

Lanjut, Kata Rian Darmawan, untuk dapat menggunakan aplikasi BRIMerchant, para merchant hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan dapat bermanfaat bagi para merchant yang memiliki rekening di Bank BRI.

“itulah beberapa panduan menggunakan aplikasi BRIMerchant, yang merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi para merchant dalam memantau bisnisnya, “ungkapnya.

Dijelaskan, dengan fitur-fitur yang tersedia, para merchant dapat memantau transaksi secara real-time, memiliki catatan yang lengkap mengenai transaksi yang terjadi.

Serta mengatur akses pengguna aplikasi BRIMerchant, oleh karena itu, para merchant yang ingin memantau bisnis dengan mudah dan efesien dapat menggunakan aplikasi BRIMerchant. (Has)