Banjir Bandang di Kecamatan Ulupungkut 3 Unit Rumah Warga Rusak

Kapolsek Kotanopan bersama anggota saat meninjau sekaligus membersihkan material yang menutupi bahu jalan, Selasa (14/11/2023) fhoto : istimewa.
Kapolsek Kotanopan bersama anggota saat meninjau sekaligus membersihkan material yang menutupi bahu jalan, Selasa (14/11/2023) fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Banjir bandang yang melanda wilayah kecamatan Ulu Pungkut, sejak senin (13/11/2023) malam mengakibatkan 3 rumah warga rusak, hujan lebat dan meluapnya sungai Pungkut sekira pukul 18.30 WIB juga merusak lahan pertanian warga.

“Akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan sungai Pungkut meluap yang membawa material batu-batuan dan kayu-kayu, tiga unit rumah warga rusak akibat tergerus arus sungai, “ujar Aminuddin kepala Desa Simpang Duhu Lombang, Selasa (14/11/2023)

Aminuddin menjelaskan, meluapnya sungai Pungkut di Kecamatan Ulu Pungkut terjadi pada hari Senin tanggal 13 Nopember 2023 sekira pukul 18.30 WIB hingga tengah malam.

“Derasnya curah hujan sejak sore hingga malam mengakibatkan sungai Pungkut tidak mampu menampung tingginya debit air, “ungkapnya.

ket fhoto : salah satu rumah warga rusak akibat tergerus arus sungai.

Sementara Kapolsek Kotanopan Iptu Parsaulian Ritonga dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah persawahan warga disapu luapan air sungai Pungkut yang membawa material batu-batuan dan kayu-kayu.

“lokasi yang paling terdampak adalah di Desa Hutapadang, yaitu Jembatan Rambin rusak berat, saluran air irigasi persawahan rusak berat, saluran air untuk Mesjid rusak dan persawahan masyarakat tersapu banjir, “tulis Parsaulian.

Read More

Selain itu terjadi juga longsor dibeberapa titik ruas jalan di lima desa seperti di Desa Muara Sabut, Desa Muara Saladi, Desa Patahajang, Desa Hutarimbaru dan di Desa Tolang.

“Material longsor di bahu jalan sudah berhasil dibersihkan dan kini sudah bisa dilalui kendaraan, “jelasnya.

Lanjut, kata Kapolsek Kotanopan kondisi jalan lintas Ulu Pungkut – Kotanopan yang hampir amblas dikarenakan tergerus luapan air sungai Pungkut, satu titik di Desa Patahajang dan satu titik lagi di Desa Tolang.

“Terkait dengan hal itu Polsek Kotanopan telah berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR Pemkab Madina, dan kita juga mengimbau kepada masyarakat yang bertempat tinggal disekitar (DAS) agar tetap waspada, “tutupnya. (Has)