Kayu Tumbang, Jalan Penghubung Antar Desa di Tambangan Sudah Dibersihkan Warga

Warga membersikan material kayu yang menutup bahu jalan, Senin (20/11/2023) fhoto : istimewa.
Warga membersikan material kayu yang menutup bahu jalan, Senin (20/11/2023) fhoto : istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Jalan Penghubung antar desa Rao-rao Dolok di kecamatan Tambangan yang tertimbun tanah longsor, senin sore sudah dibersihkan, warga gotong royong membersihkan material longsoran dengan alat seadanya.

“Senin sore warga setempat melaksanakan gotong royong untuk membersihkan material yang menutup badan jalan, “ujar Kades Rao-Rao Lombang Saipul Nasution kepada Wartamandailing lewat telepon selulernya, Selasa (21/11/2023).

Menurut Kades Rao-Rao Lombang intensitas hujan yang tinggi belakangan ini mengakibatkan pohon tumbang dan tanah longsor menutup badan jalan penghubung antar desa di kecamatan tambangan.

“Longsor di titik yang sama, dua hari yang lalu sudah dibersihkan alat berat yang diturunkan oleh Pemda Madina dan dibantu oleh warga, titik longsor ini di batu bolang, panjang longsoran mencapai 30 meter dan tinggi 2 meter, “ujarnya.

ket fhoto : jalan penghubung antar desa di tambangan tertimbun longsor di titik batu bolang.

Di wilayah ini, kultur tanah dan tebing yang labil kembali longsor pada senin sore, kayu tumbang menutup akses jalan, warga pengguna jalan berinisiatif membersihkan material dari badan jalan dan kendaraan pun bisa lewat, namun longsoran tanah yang menutup aliran air untuk persawahan warga Desa Tambangan Pasoman belum dapat dibersihkan.

“Tertimbun longsoran, pasokan air untuk persawahan warga Desa Tambangan Pasoman tidak terpenuhi dan hingga hari ini warga tidak bisa turun ke sawah karena tidak ada pasokan air, “jelas Saipul. (Has)

Read More