Akibat Hujan Lebat Tanggul jebol, Ratusan Hektar Sawah di Sirambas Porak-poranda

Diperkirakan ratusan hektar sawah warga gagal tanam akibat terendam banjir, Jumat (1/12/2023) fhoto : Istimewa.
Diperkirakan ratusan hektar sawah warga gagal tanam akibat terendam banjir, Jumat (1/12/2023) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Sekitar ratusan hektare sawah di Desa Sirambas, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal terendam banjir.

Kejadian tersebut karena hujan deras sejak sore hingga jelang malam yang menyebabkan tanggul sungai jebol, Jumat (1/12/2023)

Camat Panyabungan Barat Martua Matondang, menyebutkan ada sekitar 100 hektar sawah yang terendam akibat jebolnya bendungan dari Aek Sipingping.

Ia mengatakan lahan sawah yang baru ditanami padi diareal tersebut baru berusia sekitar 30 hari.

“Sejak sore disini hujan cukup deras yang mengakibatkan tanggul jebol dan air banjir masuk ke persawahan warga, “ujar Martua Matondang kepada Warta Mandailing, Jumat (1/12/2023)

Lanjut, kata Martua, meluapnya sungai Sipingping mengakibatkan tanggul jebol sehingga luapan banjir dari sungai tersebut memporak porandakan tanaman padi warga.

“Dampak dari peristiwa ini ratusan hektar sawah warga gagal tanam, selain itu 13 unit rumah warga juga ikut terendam banjir dalam insiden ini, “ungkapnya.

Read More

Saat ini Personil Pusdalops dan TRC BPBD Madina, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Aparatur Pemerintah Desa sudah terjun ke lokasi untuk memantau dampak peristiwa ini.

Diketahui, masyarakat yang terdampak banjir dalam peristiwa ini ada sebanyak 65 kepala keluarga (KK) (Has)