Kapolres Tapteng Mengikuti Sidak Pasar Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melakukan Sidak Pasar ke Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kecamatan Pandan. Rabu, (20/03/2024) fhoto : Istimewa.
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melakukan Sidak Pasar ke Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kecamatan Pandan. Rabu, (20/03/2024) fhoto : Istimewa.

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Tengah – Dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melakukan Sidak Pasar ke Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kecamatan Pandan. Rabu, (20/03/2024) pukul 08.00 Wib.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir
Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta SH. MH, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Basa Emden Banjarnahor., S.I.K., MH, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait.

Hasil dari sidak pasar diantaranya, Pajak Pandan didapati Harga-harga sembako stabil seperti beras, minyak goreng, gula, telur, cabe, bawang, tomat, kentang, sawi, tempe, tahu, garam, kacang tanah, kacang hijau, susu kental manis, ayam broiler, ikan kembung, dan gas Lpg 3 Kg diverifikasi.

Sedangkan di Swalayan Aido Pandan Ditemukan gula kemasan tanpa informasi tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa yang jelas. Akan dilakukan pengecekan lebih lanjut terkait kelayakan beras medium dan premium yang dijual.

Lalu di Bina Swalayan Pandan Ditemukan sejumlah pelanggaran seperti produk UMKM tanpa informasi tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa yang jelas, Beberapa produk tidak memiliki label halal, kode produksi, dan stempel MUI serta Produk roti kadaluarsa masih dijual di swalayan.

Dari sidak yang telah dilaksanakan ada beberapa catatan penting, antara lain Diperintahkan agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengirim surat kepada pasar modern untuk menarik barang yang tidak memiliki label halal, tanggal produksi, dan tanggal kadaluarsa yang jelas.

Barang yang sudah mendekati tanggal kadaluarsa tidak boleh dijual atau dikonsumsi, karena dapat mengalami perubahan rasa dan warna, Toko modern diminta memastikan informasi produksi, halal, dan kadaluarsa terkait barang yang dijual.

Read More

Harga beras di pasar tradisional masih lebih tinggi dibandingkan dengan pasar modern, Terjadi kenaikan harga pada beberapa komoditas seperti cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, minyak goreng curah, dan beras dan juga Stok beras, gula, dan minyak goreng di Perum Bulog Kanca Sibolga mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah hingga dua bulan ke depan.

Kegiatan sidak dan monitoring pasar tradisional dan modern tersebut berhasil dilaksanakan dalam keadaan aman dan tertib. Berbagai upaya perbaikan dan pengawasan terus dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan kualitas bahan pokok bagi masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah.(My.zebua)